Berita

    Aquaplaning: Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Ketika musim hujan tiba, biasanya Anda sering mendapati banyak mobil yang tergelincir. Mobil yang tergelincir ketika hujan biasanya disebabkan oleh aquaplaning atau hydroplaning. Aquaplaning menjadi salah satu masalah yang harus Anda waspadai ketika berkendara melewati jalan berair. 

    Lalu, apa itu Aquaplaning dan bagaimana cara mengatasinya?  Yuk simak ulasannya berikut ini. 

    Pengertian Aquaplaning

    Aquaplaning adalah masalah yang sering dialami oleh mobil yang disebabkan hilangnya penampakan ketika ada lapisan air yang menumpuk di antara ban kendaraan dan permukaan jalan di bawahnya. 

    Hal tersebut biasanya juga terjadi ketika melewati genangan air yang besar. 

    Permukaan jalan yang berair mengakibatkan ban mobil kehilangan traksi dan ban tidak dapat mencengkeram jalan sehingga dapat menyebabkan mobil kehilangan kendali dan tidak dapat direm maupun di setir. 

    Tentu hal tersebut dapat membuat pengemudi panik dan bisa membuat mobil tergelincir. 

    Penyebab Aquaplaning

    Ban mobil memiliki pola tapak yang bertugas untuk mengeluarkan air ketika kondisi jalan berair dan memberikan traksi atau cengkeraman. Ketika Anda mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi maka akan terjadi penumpukan air diantara ban dan permukaan jalan.

    Akibat penumpukan air tersebut ban kehilangan kontak dan tidak dapat menapak ke jalan dengan baik sehingga kendaraan terasa terangkat dan tidak dapat dikendalikan. Kondisi tersebutlah yang menyebabkan mobil mengalami Aquaplaning. 

    Selain curah hujan, permukaan jalan yang tidak rata dan jalanan berlubang, kondisi ban yang buruk juga dapat menyebabkan ban tidak menapak dengan baik. Untuk itulah Anda perlu berhati-hati ketika berkendara di jalanan yang basah terutama ketika musim hujan.

    Ciri-ciri Aquaplaning dan Cara Mengatasinya

    Ada beberapa tanda ketika mobil yang Anda kendarai di jalanan basah mengalami Aquaplaning, diantaranya yaitu:

    • Mobil tiba-tiba terasa ringan 
    • Suara mesin mobil terdengar lebih keras
    • Bagian belakang mobil terasa seperti melayang 

    Ketika Anda mengalami beberapa ciri di atas jangan panik. Bila mengalami keadaan seperti tersebut Anda harus tenang karena apabila Anda menginjak rem atau memutar setir secara mendadak dapat mengakibatkan mobil tergelincir.

    Yang perlu Anda lakukan ketika terjadi Aquaplaning yaitu lepaskan kaki Anda dari pedal gas secara perlahan.