Berita

    Planetary Gear: Fungsi, Komponen & Cara Kerjanya

    Mengenal Planetary Gear Unit

    Beberapa pengendara mobil matic pasti akrab dengan komponen dari transmisi otomatis, sebut saja planetary gear unit.  

    Pada artikel ini, kita akan membahas tuntas terkait komponen ini. Mulai dari komponen, cara kerja dan fungsinya. Hal ini penting supaya bisa cepat tanggap apabila mobil bermasalah.

    Pengertian

    Planetary gear adalah sistem roda gigi yang terdiri dari gigi luar dan gigi pusat. Sistem sekilas seperti tata surya. Karena dipasang layaknya planet yang mengitari matahari sesuai dengan jalurnya.

    Dari perputaran itu, bisa menghasilkan momen naik turunnya kecepatan sebuah kendaraan.  

    Fungsi

    Fungsi komponen ini salah satunya yakni untuk menaik turunkan kecepatan mesin kendaraan. Komponen inilah yang bisa menggerakkan mesin yang punya beban berat seperti mobil, dengan mengeluarkan tenaga yang ringan.

    Secara lebih luas, fungsi planetary gear ini bisa membuat kendaraan maju, mundur atau apapun yang bisa menggerakkan kendaraan.

    Komponen

    Ada tiga komponen planetary gear. Berikut rinciannya:

            1. Sun Gear

    Seperti namanya, sun gear ini merupakan pusat susunan gear. Model yang biasanya digunakan yakni spur gear.  

    Nah, sun gear ini memiliki ukuran kecil dan berada di tengah atau poros. Biasanya memiliki jumlah gigi yang sedikit ketimbang “rekannya” yang lain. Sun gear ini bertautan dengan planetary pinion gear.  

            2. Planetary Pinion Gear

    Komponen berikutnya yakni planetary pinion gear yang susunannya mengelilingi sun gear. Komponen ini dipasang lebih dari satu buah, tergantung kendaraan yang digunakan.

    Planetary pinion gear terbuat dari besi campuran. Kemudian komponen ini digabungkan oleh planetary carrier.  

    Umumnya pada sebuah kendaraan, ada 3 buah yang dipasang. Namun apabila membutuhkan tenaga lebih, maka bisa sampai 5 buah. 

            3. Ring Gear/Annulus Gear

    Komponen terakhir adalah ada ring gear atau annulus gear. Ia berada pada garis terluar unit, yang mengelilingi planetary pinion gear dan sun gear.

    Ring gear lah yang mengikut semua komponen kecil di dalam ini. Jumlah gearnya lebih banyak ketimbang komponen lain. Sebab, tugas yang diemban juga banyak.

    Selain sebagai tempat bertaut komponen sebagai sarang kekuatan, ring gear juga menjadi tuas terbesar pada poros pusat.