Berita

    Simak Penyebab Klakson Mobil Mati & Cara Mengatasinya

    Klakson mobil mati merupakan kendala yang sebaiknya tidak boleh Anda remehkan. Sebab, komponen ini dapat menunjang keselamatan dan keamanan Anda saat berkendara. Misalnya, untuk mencegah kecelakaan dan memberi kode darurat saat mobil hendak dirampok.

    Melansir dari beragam sumber, artikel ini akan membahas penyebab kematian atau tidak bunyinya klakson mobil serta cara mengatasinya. Apabila Anda ingin mengetahui kedua hal tersebut, maka jangan lewatkan informasi berikut ini!

    Penyebab Klakson Mobil Mati

    Sebelum membawa mobil Anda pada teknisi profesional untuk memeroleh perbaikan klakson, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab kematiannya. Nah, berikut adalah di antaranya:

    • Kerusakan Sekring Klakson

    Jika terdapat kerusakan pada sekring seperti kabel putus, maka semua komponen lain yang membutuhkan listrik bisa bermasalah layaknya klakson. Biasanya masalah sekring ini disebabkan jamur dan karatan.

    • Terputusnya Kabel Penghubung Klakson

    Putusnya kabel kelistrikan atau kelupasan dapat menyebabkan klakson mobil mati. Nah, seperti sebelumnya, terkelupasnya kabel pun dapat disebabkan oleh kemunculan jamur atau endapan kotoran pada soket kabel. Jika dibiarkan akan memicu konslet.

    • Masalah Switch Klakson

    Switch terletak pada bagian tombol klakson dan terkoneksi langsung dengan setir. Ketika switch bermasalah sehingga menyebabkan kemacetan kemudi, suara tidak akan keluar meskipun Anda menekannya sekeras apapun.

    • Usangnya Relay Klakson

    Relay usang atau berusia tua merupakan faktor penyebab matinya klakson. Hal ini disebabkan semakin bertambahnya waktu, debu berdatangan mengendap pada relay. Begitupun dengan air, ia menyebabkan karatan yang menurunkan kinerja klakson.

    • Saklar Berkarat

    Karatan pada saklar pun dapat memicu kematian klakson. Karat tersebut terbentuk karena endapan kerak beserta kotoran pada piringan tembaga, sehingga menyebabkan masalah dalam sistem kelistrikan khususnya komponen klakson.

    • Airbag pada Area Setir

    Airbag yang tersimpan di bagian kemudi atau setir dapat menyebabkan matinya klakson. Maka, apabila fitur airbag bermasalah, secara otomatis klakson pun bermasalah dan menjadi tidak berbunyi. 

    Cara Mengatasi Klakson Mobil Mati

    Sesudah mengetahui penyebab matinya klakson mobil, maka selanjutnya yakni mengetahui cara apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Berikut merupakan poin beserta penjelasan ringkas mengenai solusinya:

    • Mengecek Kondisi Klakson