Berita

    Yuk Mengenal Bahaya dari Highway Hypnosis & Cara Mencegahnya

    Highway hypnosis adalah suatu kondisi yang sering terjadi pada pengendara, terutama ia yang berkendara jarak jauh dalam waktu lama di jalan tol atau jalan tanpa hambatan lainnya. Meskipun sering terjadi, nyatanya kondisi ini berbahaya bagi pengendara dan orang lain.

    Apa sebenarnya arti dan bahaya dari kondisi tersebut? Jika memang berbahaya, bagaimana cara yang tepat untuk mencegahnya? Simak jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di bawah ini.

    Arti dan Bahaya Highway Hypnosis

    Highway atau highway hypnosis merupakan situasi ketika pengendara sedang berada di jalan bebas hambatan dan dalam keadaan menyetir cukup jauh serta waktu yang cukup lama lalu konsentrasi pun berkurang tanpa pengendara sadari.

    Hal ini tentu berbahaya bagi pengendara dan orang lain. Berikut bahaya highway hypnosis:

    • Berkurangnya Konsentrasi

    Sudah dijelaskan di atas bahwa kondisi ini dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi. Bila dibiarkan maka konsentrasi pun benar-benar hilang sehingga pengendara tidak lagi waspada terhadap jalan raya.

    • Menyebabkan Microsleep

    Microsleep merupakan kondisi di mana pengendara akan tanpa sengaja tertidur. Inilah akibat lain ketika pengendara mengalami highway hypnosis

    Meskipun berbeda dengan tidur pulas, namun microsleep tetap dapat membawa bahaya bagi pengendara dan orang lain.

    • Terjadi Kecelakaan

    Bahaya paling fatal dari situasi ini adalah kecelakaan. Bahkan tak sedikit kecelakaan berawal dari situasi ini. Hal ini disebabkan hilangnya kewaspadaan pengendara akan kondisi jalan raya.

    Cara Mencegah Highway Hypnosis

    Lalu bagaimana cara untuk mencegah situasi ini agar pengendara, penumpang, dan orang lain bisa selamat? Inilah cara-caranya:

    • Tenangkan Pikiran

    Sebelum Anda mulai berkendara, cobalah tenangkan pikiran Anda terlebih dahulu dari pikiran-pikiran yang mengganggu. Anda bisa mencoba meditasi atau beribadah agar pikiran lebih tenang.

    Pikiran yang kacau dan emosional dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara. Kehati-hatian akan jalan raya pun bisa berkurang. Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda berkendara dengan pikiran yang tenang.

    • Memutar Musik