Berita

    Featured Image

    4 Penyebab Lampu Rem Terus Menyala

    Kelengkapan lampu mobil adalah poin penting yang akan berpengaruh pada keselamatan berkendara. Termasuk salah satunya adalah lampu rem yang menjadi indikator penting saat Anda berkendara. Namun terkadang lampu ini mengalami kendala dan terus menyala, kira-kira apa yang menjadi penyebabnya? 

    Penyebab Lampu Rem Terus Menyala

    Lampu ini punya fungsi penting saat Anda berkendara karena akan memberikan informasi atau tanda visual kepada pengemudi lain. Pada kondisi tertentu, lampu tersebut ternyata terus menyala atau tidak bisa dimatikan. Berikut adalah beberapa faktor penyebab lampu rem nyala terus dan solusi yang bisa diambil:

    • Kerusakan Switch Rem

    Penyebab pertama adalah adanya kerusakan pada switch rem. Bagian ini berfungsi penting dalam menyambung dan memutus aliran listrik. Jika rusak maka aliran listrik dari baterai yang mendukung lampu tidak bisa bekerja dan menyebabkan lampu tidak bisa dimatikan. 

    Jika pedal rem diinjak, maka tuas switch akan menyalurkan arus listrik. Begitu juga sebaliknya, ketika pedal dilepas maka switch akan memutus arus listrik. Apabila bagian ini mengalami kerusakan, maka Anda tidak ada pilihan selain membawanya ke bengkel dan mengganti dengan yang baru. 

    • Kerusakan Karet Penahan Rem

    Kondisi lampu rem yang terus menyala juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada karet penahan rem. Ini biasanya ditemukan pada tipe mobil yang dilengkapi dengan penahan karet di bagian switch rem. Secara logika, jika karet penahannya rusak maka switch tidak akan bisa memutus aliran listrik. 

    Selain karena rusak, kondisi ini juga bisa terjadi karena karet penahan tersebut lepas dari posisinya semula. Jadi lebih baik periksa dulu seperti apa kondisi dan posisi karet penahan switch rem. Jika lepas maka bisa dipasang kembali dan apabila sudah mengalami kerusakan maka bisa segera diganti. 

    • Masalah Dudukan Rem

    Penyebab lampu rem nyala terus yang lainnya adalah adanya masalah di bagian dudukan rem. Kondisi ini sudah sangat umum terjadi dan biasanya disebabkan oleh posisi switch rem yang keluar dari jalur. Jika posisinya tidak tepat, maka secara otomatis komponen ini tidak akan bisa menjalankan fungsinya dengan benar. 

    Jika hal ini menjadi penyebab lampu terus menyala, maka perlu dilakukan perbaikan. Posisi switch rem akan disetel ulang sehingga bisa berada di tempat yang tepat. Penyetelan ulang ini bisa dilakukan sendiri atau dibawa ke bengkel agar dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman.