Berita

    7 Sumber Masalah Mesin Mobil Bergetar Saat Diam

    Jika Anda memiliki mobil, apakah Anda pernah mengalami mesin mobil bergetar saat diam atau tidak dalam kondisi melaju? Meski getaran pada mobil yang dihidupkan mesinnya adalah hal yang wajar, akan tetapi jika terjadi terus-menerus dan bahkan terasa sampai kabin, berarti ada yang salah dengan kendaraan Anda. 

    Untuk mencari apa penyebabnya, kami uraikan beberapa faktor yang mungkin jadi pangkal masalahnya. Di antaranya yaitu sebagai berikut:

    1. Setelan Mesin Jadi Faktor Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Diam

    Penyebab mesin mobil bergetar bisa disebabkan oleh mesin yang tidak menempel sempurna pada bagian engine mounting. Ini mengakibatkan getaran yang diterima tidak tereduksi dengan baik oleh engine mounting, yang berfungsi sebagai peredam getaran pada mesin mobil. 

    Biasanya hal ini terjadi setelah Anda melakukan servis berkala dan teknisi yang menangani mobil Anda kurang teliti saat mengutak-atik mesin. Untuk meminimalisir risiko ini saat melakukan servis, kunjungi bengkel resmi dan tepercaya dengan standar operasional yang memadai.

    2. Karet Penahan Kap Mesin Rusak

    Masalah bisa terjadi pada karet penahan kap mobil Anda yang sudah aus. Karet penahan kap mesin membantu kap mobil untuk tertutup dengan sempurna sehingga mobil Anda aman dari gangguan eksternal. 

    Selain itu, karet penahan tersebut juga berguna untuk menahan getaran mesin. Jadi, jika terjadi kerusakan bisa dipastikan akan berdampak pada besarnya guncangan yang terjadi saat mesin mobil Anda dinyalakan.

    3. Masalah pada Busi

    Penyebab mesin mobil bergetar saat diam adalah busi yang tidak berfungsi. Busi berfungsi membakar campuran bensin dan udara yang dikompres melalui gerakan piston. Pembakaran di dalam ruang mesin tidak akan terjadi tanpa busi dan komponen yang terkait sistem gerak tidak akan melakukan fungsi yang sesuai dengan tugasnya. 

    Itulah mengapa meski hanya satu busi yang mati, efeknya bisa membuat mesin mobil bergetar cukup keras dan simultan.

    4. Velg dan Rotasi Ban

    Velg ban juga bisa menjadi penyebab getaran pada mesin mobil saat dia. Velg yang sudah tidak layak pakai akan menurun kinerjanya untuk menahan beban badan mobil. 

    Selain itu masalah pada ban lainnya seperti poros ban yang sudah aus turut memengaruhi timbulnya getaran pada mesin mobil. Jika ausnya tidak parah, Anda cukup mengamplas as roda. Namun, Anda harus mengganti as roda jika sudah terlalu aus.