Berita

    Featured Image

    Ciri-Ciri Defogger Mobil Rusak

    Komponen defogger pada mobil berfungsi sebagai penghilang embun pada kaca mobil bagian depan dan belakang. Defogger mobil rusak dapat berakibat mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara, terutama berkendara di cuaca hujan.

    Maka dari itu, sebelum defogger mobil Anda mengalami kerusakan, ketahui dulu ciri-ciri dan penyebabnya. Selain itu, Anda juga wajib mengetahui cara mengatasi defogger mobil yang rusak.

    Penyebab Defogger Mobil Rusak

    Memang komponen defogger jarang sekali mengalami kerusakan. Namun, bukan berarti komponen tersebut awet dan tahan lama ketika digunakan seumur kendaraan.

    Ada saja penyebab defogger mobil Anda rusak dan Anda wajib mengetahuinya agar dapat memperbaiki sesegera mungkin. Ini dia penyebab defogger mobil Anda rusak:

    • Lupa Mematikan Defogger

    Lantaran defogger merupakan komponen mobil yang hanya digunakan pada saat tertentu saja, jika Anda lupa mematikannya, maka akan berakibat pada kerusakan komponen tersebut.

    Anda dapat menggunakan defogger saat kaca mobil tertutup embun dan segera mematikannya ketika embun sudah hilang. Defogger tidak sama dengan AC mobil, sehingga jika Anda selesai menggunakannya, maka langsung dimatikan.

    • Salah saat Membersihkan Kaca

    Penyebab kedua adalah salah saat membersihkan kaca mobil. Hal ini dikarenakan membersihkan kaca yang terdapat defogger tidak bisa sembarangan. Apalagi jika Anda menggunakan cairan pembersih.

    Penggunaan cairan pembersih yang tidak tepat dapat membuat filamen kaca korosi dan putus. Hal ini yang dapat memengaruhi fungsi defogger mobil Anda.

    • Penggantian Kaca Film yang Keliru

    Mengganti kaca film dengan keliru dapat menjadi penyebab defogger mengalami kerusakan. Jika Anda kerap mengganti kaca pelindung film, usahakan untuk tidak menggantinya secara sembarangan terutama kaca mobil bagian belakang.

    Hal ini dikarenakan komponen filamen kaca yang dapat rusak karena penggantian kaca film yang tidak hati-hari. Jika hal tersebut terjadi, maka akan memengaruhi pada kondisi defogger mobil Anda.

    Ciri-ciri Defogger Mobil yang Rusak

    Setelah Anda memahami berbagai penyebab defogger mobil rusak. Maka selanjutnya ketahuilah ciri-ciri apabila komponen tersebut mengalami kerusakan. Inilah ciri-ciri yang patut Anda waspadai:

    • Embun di Kaca Tidak Hilang

    Ciri yang paling kentara ketika defogger mobil Anda rusak adalah embun di dalam kaca mobil depan dan kaca belakang tidak hilang.

    Lantaran fungsi utama defogger adalah menghilangkan embun pada kaca mobil, jika rusak maka tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

    Proses defogger menghilangkan embun biasanya terjadi dalam hitungan detik atau menit. Jika embun tidak hilang dalam waktu lebih dari 5 menit, Anda wajib memeriksa kondisi defogger.

    Apabila hal ini terjadi, sebaiknya Anda tidak menyepelekannya. Hal ini dikarenakan kaca mobil merupakan komponen vital ketika berkendara, yang mana jika terkena embun terlalu lama akan mengganggu penglihatan selama berkendara.

    • Tombol Lampu Defogger Tidak Menyala

    Pada beberapa tipe mobil, tombol defogger dapat menyala berwarna merah. Maka jika defogger rusak dapat ditandai dengan ciri tombol lampu komponen tersebut tidak menyala.

    Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, misal aliran kelistrikan tombol defogger yang terhambat. Anda dapat mengecek kelistrikan mobil untuk mengatasi hal ini dan membuat tombol defogger dapat berfungsi kembali.

    • Kabin Mobil Masih Terasa Dingin

    Untuk beberapa saat, Anda tentu merasakan ketika defogger mobil menyala maka keluar hawa panas yang berfungsi menghilangkan embun.

    Namun, jika defogger mobil Anda rusak, kemungkinan hawa panas tersebut tidak terasa dan kabin mobil masih terasa dingin.

    Jika Anda mengalami ciri-ciri ini dan dibarengi dengan embun yang tidak hilang, sebaiknya periksa komponen defogger mobil Anda. Perbaiki defogger dengan membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi terdekat.

    Itulah berbagai ciri-ciri defogger mobil rusak beserta penyebab dan cara mengatasinya. Walaupun komponen satu ini jarang mengalami kerusakan, tidak ada salahnya jika Anda selalu memerhatikan komponen ini.