Berita

    Apa itu Fitur Tombol Start-Stop? Fungsi, Keunggulan dan Kekurangannya

    Anda mungkin pernah mendengar tentang sistem start-stop mesin mobil, tetapi apa sebenarnya yang pengaruh teknologi ini dan mengapa ini penting? Oleh karena itu, mari kita bahas bersama.

    Fitur Engine Start-Stop

    Dalam era mobil modern, fitur Start-Stop telah mengubah cara kita memulai dan mematikan mesin. Tanpa harus mencari kunci atau memasukkannya ke dalam slot kontak, kita sekarang bisa dengan mudah menyalakan mobil dengan hanya menekan tombol Start-Stop yang nyaman. Teknologi ini adalah bagian dari sistem kendali mesin otomatis pada mobil modern dan telah menjadi norma di banyak kendaraan.

    Fitur Start-Stop memungkinkan pengendara untuk menghidupkan dan mematikan mesin dengan cepat dan efisien. Dengan hanya memiliki kunci pintar (fob) di dalam mobil, Anda dapat mengendalikan mesin dengan sentuhan tombol. Ketika Anda duduk di dalam mobil, Anda hanya perlu menekan tombol Start-Stop untuk menghidupkan mesin, menghemat waktu yang sebelumnya dibutuhkan untuk mencari kunci dan memasukkannya ke dalam slot.

    Kelebihan Mobil dengan fitur Start-stop

    1. Kemudahan Penggunaan

    Teknologi ini memungkinkan Anda untuk mengakses mobil dengan mudah, tanpa perlu lagi mencari kunci atau memasukkannya ke dalam lubang kunci untuk menghidupkan mesin. Selain itu, pada saat ini fitur start-stop seringkali hadir bersamaan dengan penggunaan kunci mobil yang lebih praktis yang membuat anda tinggal menekan tombol untuk membuka kunci pintu mobil. 

    2. Tampilan yang Lebih Modern

    Bukan hal baru lagi, umumnya mobil sekarang sudah menggunakan sistem yang satu ini. Fitur yang modern ini tentunya sudah tersedia di semua mobil keluaran Suzuki terbaru. Dengan adanya fitur ini, mobil yang Anda gunakan akan terasa lebih modern dan canggih. 

    Freepik.com

    3. Lebih Aman

    Bisa dibilang fitur start-stop memungkinkan Anda dengan mudah untuk menyalakan mobil. Tanpa adanya kunci ini juga memberikan mobil ada keamanan seperti mencegah terjadinya pencurian ataupun penyalahgunaan mobil tanpa izin. Bersamaan dengan adanya smart key, mobil anda juga menjadi lebih aman bahkan dari pintu mobil yang lebih susah untuk dibobol. 

    4. Meningkatkan efektifitas waktu

    Kelebihan lainnya dari fitur ini yaitu menghemat ataupun mempersingkat waktu untuk menyalakan mobil. Salah satu contoh kasusnya, dengan kunci akan ada kemungkinan kunci macet ataupun tersangkut. Sehingga dapat memakan waktu lama ataupun memutuskan usaha dalam menyalakan mobil.

    Kekurangan Mobil dengan fitur Start-stop

    1. Bergantung pada Baterai 

    Sama halnya dengan benda elektronik lainnya. Sistem start-stop sangat bergantung pada kunci atau smart key. Sederhananya, mobil anda bisa dibuka ketika anda memiliki kunci khusus dan baru bisa menyalakan mobil dengan menekan tombol start-stop. Pada smart key inilah sebenarnya terdapat kekurangannya. Smart key tersebut membutuhkan baterai. Baterai yang lemah dapat menyebabkan masalah seperti tidak dapat membuka kunci pintu mobil atau menghidupkan mesin. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dan mengganti baterai Smart Key secara berkala, idealnya setiap tiga tahun sekali.

    2. Kemungkinan Gangguan Sinyal 

    Smart Key mengandalkan sinyal atau gelombang untuk pengoperasiannya. Di lokasi atau situasi tertentu gangguan sinyal terkadang dapat mengganggu kemampuan kunci untuk membuka kunci pintu mobil dan menghidupkan mesin.

    3. Membutuhkan pengecekan rutin

    Berbeda dengan kunci manual yang bisa dicolokkan. Fitur tombol start-stop sangat bersifat elektrik, yang mana ini berkaitan dengan kondisi kelistrikan mobil Anda. Ketika kondisi kelistrikan mobil anda tidak bekerja dengan baik maka ada kemungkinan dapat mengganggu proses untuk menyalakan mobil dengan tombol start-stop. Selain itu kondisi tombol juga perlu dicek.  Apakah masih bisa digunakan dengan baik atau sudah mengalami masalah seperti tombol tidak berfungsi. 

    Ini menjadi salah satu faktor yang membuat sangat penting untuk mengecek kondisi tombol dan kelistrikan mobil dengan rutin.

    4. Biaya perawatan lebih tinggi 

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, karena bersifat elektrik ataupun terkait langsung dengan kelistrikan mobil. Proses ataupun tindakan untuk menjaga kondisi tetap baik bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena ketika terjadi kerusakan, maka biaya untuk perbaikan juga cukup besar. 

     

    Demikianlah penjelasan mengenai fitur start-stop mesin mobil. Jika mobil anda menggunakan fitur ini dan sudah mulai tidak bekerja dengan baik maka langsung saja bawa ke bengkel resmi Suzuki dan jadwalkan servis anda didan jadwalkan servis anda di indomobilsuzukidealer.co.id.

     

    Sumber gambar: 

    Freepik.com - https://www.freepik.com/free-photo/woman-pushing-start-button_7750809.htm#query=start-stop%20button%20car&position=2&from_view=search&track=ais