Berita

    Ini Dia Alasan Harus Mematikan Lampu Kabin Mobil di Malam Hari

    Ketika berkendara di malam hari, lampu kabin mobil menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Saat ini, berkendara di malam hari memang telah menjadi hal yang biasa. Terlebih di zaman sekarang, keamanan jalanan semakin meningkat.

    Dengan meningkatnya keamanan, membuat semua orang merasa aman ketika harus berkendara saat malam hari. Bahkan, untuk sebagian orang, berkendara malam hari menjadi pilihan utama bila dibandingkan dengan berkendara saat siang hari, agar dapat menghindari macet. 

    Apakah Anda sering berkendara saat malam hari? Ketika mengendarai mobil saat malam hari, mengapa kita harus mematikan lampu kabin? 

    Mengapa Lampu Kabin Mobil Harus Dimatikan Saat Malam Hari?

    Berikut sejumlah alasan mengapa lampu kabin harus mati ketika malam hari, antara lain:

            1. Untuk Menyesuaikan Penglihatan Mata

    Pupil mata kita akan berubah sesuai dengan intensitas cahaya yang diterimanya. Bila lampu kabin menyala, pupil akan mengecil serta membuat jumlah cahaya yang masuk lebih sedikit. 

    Bila di saat yang sama, keadaan di luar mobil sangat gelap, kemampuan penglihatan akan terganggu. Oleh sebab itu, lampu kabin yang dimatikan bisa membuat pupil menyesuaikan diri dengan banyaknya intensitas cahaya di luar. 

    Meskipun terkesan sederhana, namun nyatanya prinsip ini akan menyelamatkan banyak nyawa. 

            2. Agar Lebih Menjaga Privasi

    Salah satu alasan mengapa mematikan lampu kabin adalah agar dapat menjaga privasi agar bisa terhindar dari hal yang tidak diingini, contohnya seperti begal. Bila lampu kabin menyala, penjahat seperti begal akan mudah melakukan aksi mereka. 

    Sebelum memilih korban, mereka pasti akan memantaunya terlebih dahulu. Karena sudah mengetahui seperti apa keadaan di dalam mobil, mereka akan langsung melancarkan aksi. 

            3. Boros Aki

    Lampu kabin mobil yang terus menerus dibiarkan menyala sepanjang waktu dapat mempengaruhi komponen aki. Sebagai penghasil dari energy listrik, daya aki akan terkuras habis ketika menyalakan lampu kabin dalam waktu lama. 

    Lebih-lebih bila Anda sedang berada di perjalanan jauh, lampu kabin yang dinyalakan terus menerus dapat membuat aki habis. Dampaknya, mobil bisa mogok. Bukan hanya itu, performa mobil juga akan berkurang dan membuat komponen lain mengalami kerusakan. 

            4. Konsentrasi Pengendara Lain Menjadi Terganggu