Berita

    Featured Image

    Ini Dia Penyebab Rem Tangan Terasa Los dan Tidak Pakem

    Pernahkah Anda menemui rem tangan terasa los dan tidak pakem? Hal ini tentunya patut diwaspadai karena pada dasarnya rem tangan di mobil harus pakem demi memastikan keamanan selama berkendara. 

    Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan rem tangan di mobil Anda terasa los. Sebaiknya Anda pahami faktor-faktor penyebab tersebut agar bisa menghindari situasi ini dan mencari solusi terbaik jika sudah terlanjur terjadi. 

    Penyebab Rem Tangan Terasa Los

    Penting sekali bagi Anda untuk memeriksa kondisi mobil secara teliti sebelum berkendara. Terutama bagian rem yang harus dipastikan berfungsi secara optimal demi keamanan diri sendiri dan orang lain di jalan. 

    Jika Anda menemui rem tangan kurang pakem atau terasa los, berarti ada masalah yang terjadi di dalamnya. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan masalah tersebut. 

    • Setelan Brake Shoe Menurun

    Hal pertama yang bisa menjadi penyebab rem tangan jadi kurang pakem adalah menurunnya setelan brake shoe. Jika hal ini terjadi maka Anda harus melakukan pengaturan ulang. 

    Anda bisa mengatur ulang setelah brake shoe melalui tromol atau tuas rem tangan. Atur saja melalui adjuster yang terdapat di komponen tromol. Namun jika Anda tidak paham betul, hal ini sebaiknya tidak dilakukan sendiri. 

    Sebaiknya mintalah bantuan ahli untuk mengatur ulang setelan brake shoe agar tidak terjadi gangguan lebih lanjut. Hindari melakukan pengaturan ulang secara coba-coba karena bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

    • Kampas Rem Aus

    Hal berikutnya yang membuat rem tangan terasa los adalah kampas rem sudah aus. Penting sekali untuk melakukan pemeriksaan kampas rem secara berkala demi memastikan kondisinya. 

    Kampas rem tentu saja harus selalu ada dalam kondisi yang bagus demi mendukung kinerja rem saat digunakan. Jika kondisi kampas rem sudah aus maka rem mobil Anda tidak akan bisa berfungsi secara optimal. 

    Itulah mengapa saat Anda merasa rem tangan mobil jadi kurang pakem, jangan ragu untuk langsung memeriksa kondisi kampas rem. Jika memang sudah waktunya untuk diganti maka segera lakukan penggantian. 

    Sebenarnya kondisi semacam ini tidak akan terjadi kalau Anda melakukan pemeriksaan dan servis rutin. Kondisi kampas rem akan selalu diperiksa secara rutin sehingga tidak akan terjadi kerusakan khususnya pada bagian rem tersebut. 

    Namun pastikan juga untuk memakai kampas rem yang baru dan original. Jangan sampai menggunakan kampas rem yang kualitasnya buruk karena pasti akan berpengaruh terhadap daya cengkram yang dihasilkan.

    • Pemakaian yang Salah

    Ternyata kesalahan pemakaian rem tangan juga bisa memicu rem jadi los dan tidak pakem. Sebaiknya pahami betul apa itu fungsi rem tangan dan gunakan sebagaimana mestinya. 

    Rem tangan biasa disebut juga sebagai rem parkir. Namun perlu diketahui bahwa bukan berarti rem ini selalu digunakan setiap kali Anda memarkir mobil. Apalagi jika mobil akan diparkir dan didiamkan untuk waktu lama. 

    Kondisi semacam ini bisa berpengaruh terhadap daya cengkram rem. Jadi pastikan untuk lebih teliti lagi dan gunakan rem dengan cara yang tepat. Tujuannya agar tidak terjadi kerusakan dan rem tetap bisa berfungsi dengan baik. 

    Cari tahu dulu apa sebenarnya fungsi rem tangan itu dan kapan waktu untuk menggunakannya. Dari sini Anda pasti bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan rem tangan dan menjaganya tetap berfungsi dengan baik.