Berita

    AC Mobil Bunyi? Ini Penyebabnya dan Cara Mengatasinya!

    Pernahkah Anda mengalami masalah AC mobil bunyi saat berkendara? Kondisi seperti ini mungkin terdengar sepele namun perlu ditangani lebih lanjut. Jika dibiarkan begitu saja maka bisa jadi ada kerusakan lain yang akan muncul. 

    Bunyi yang muncul pada AC merupakan sebuah kondisi yang tidak wajar. Artinya kondisi ini tidak normal dan menjadi tanda adanya kerusakan. Berikut akan dibahas apa saja faktor penyebab bunyi pada AC mobil dan solusi mengatasinya. 

    Penyebab AC Mobil Bunyi

    Ada beberapa faktor yang bisa memicu AC mobil Anda mengeluarkan bunyi. Ini dia penjelasan untuk masing-masing faktor penyebab tersebut:

    • Habisnya Gas Freon

    Hal pertama yang perlu Anda curigai adalah kecukupan gas freon pada AC. AC memang akan mengeluarkan bunyi bising saat gas freon habis. Selain itu kondisi ini juga bisa memicu udara dari AC tidak dingin. 

    • Kondisi Evaporator yang Kotor

    Evaporator yang kotor juga bisa memicu munculnya suara saat AC menyala. Kotoran ini juga akan mengganggu performa AC sehingga fungsinya dalam mendinginkan kabin mobil jadi kurang optimal. 

    • Kesalahan Pemasangan Komponen AC

    Suara yang muncul dari AC mobil Anda juga bisa terjadi karena ada komponen AC yang tidak terpasang dengan benar. Lebih baik lakukan pemeriksaan kembali secara menyeluruh untuk memastikan hal tersebut. 

    • Masalah pada Magnetic Clutch

    Penyebab lain yang bisa memicu suara pada AC adalah masalah magnetic clutch. Ini merupakan bagian penghubung antara kompresor dan mesin. Jika terjadi masalah di bagian ini maka akan muncul suara bising yang cukup mengganggu. 

    • Kebocoran pada Saluran AC

    Anda juga harus mewaspadai adanya kebocoran saluran AC saat muncul suara aneh. Kebocoran saluran AC ini akan membuat gas freon cepat habis. Selain itu kebocoran juga memicu oli jadi lebih boros dan terjadilah gesekan pada piston. 

    • Sumbatan Katup Ekspansi Valve

    Adanya sumbatan pada katup ekspansi valve juga dapat menyebabkan terjadinya AC berbunyi. Katup ini merupakan penyalur gas freon dan saat tersumbat maka freon bisa mengalir lebih cepat dan terjadilah bunyi. 

    • Adanya Benda Asing

    Penting juga untuk diwaspadai adanya benda asing di dalam komponen AC. Benda asing yang dimaksud di sini bisa berupa kotoran, sisa makanan, bahkan kerikil. Tentu saja benda tersebut akan memicu suara yang aneh dari AC Anda. 

    Cara Mengatasi

    Lalu apa yang bisa dilakukan jika AC mobil bunyi? Tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek bagian-bagian atau komponen AC mobil Anda. Tujuannya untuk mencari tahu dimana letak kesalahannya. 

     

    fiter ac

    iStock

    Silakan cek dulu bagian freon AC, apakah sudah habis atau belum. Kemudian cek dan bersihkan juga bagian evaporator. Anda juga sangat disarankan untuk mencuci AC mobil agar semua kotoran keluar. 

    Sebenarnya proses pembersihan ini bisa dilakukan secara rutin. Tidak harus ketika muncul suara atau bunyi aneh dari AC. Jika Anda melakukannya secara rutin justru kemunculan bunyi-bunyi tersebut bisa dicegah. 

    Apabila setelah proses pengecekan dan pembersihan ini Anda masih mendengar bunyi dari AC, maka jangan ragu membawanya ke bengkel. Bisa jadi ada kerusakan lain yang lebih parah dan tidak bisa Anda ketahui. 

    Pastikan untuk tidak menunda membawa mobil Anda ke bengkel profesional agar masalah AC lebih cepat diatasi. Jika terlalu lama menunggu bisa saja bunyi yang muncul semakin keras dan kerusakan semakin parah.