Berita

    Ketahui Cara Melepas Aki Mobil yang Benar dan Tips Merawatnya

    Melepas aki mobil merupakan salah satu kegiatan reparasi komponen yang mungkin nampak sepele. Tapi jika Anda sampai salah cara, bisa berdampak makin parah pada keadaan mobil dan merusaknya. 

    Fungsi aki sendiri biasanya bekerjasama untuk sistem starter, sistem perapian dan komponen lainnya pada kendaraan Anda. Makanya, perlu juga bagi Anda memahami cara lepas yang benar. Siapa tahu sewaktu-waktu Anda dituntut harus melakukannya secara mandiri. Simak tipsnya di bawah ini!

    Cara Melepas Aki Mobil

    Tentu Anda telah memahami bahwa fungsi aki mobil adalah untuk memberikan suplai daya listrik sesuai kebutuhan mobil Anda. Aki yang tidak berfungsi dengan baik bisa menghambat nyala mesin dan laju mobil di jalanan.  

    Untuk mendeteksi kerusakan pada aki, biasanya ditandai dengan melemahnya tarikan mesin mobil. Suara klakson mobil juga jadi pelan, serta nyala lampu mobil menjadi redup. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan, lantas bagaimana cara untuk melepas aki?

    • Menyiapkan Alat

    Alat apa saja yang harus siap sebelum lakukan kegiatan pelepasan aki? Sederhana saja, Anda membutuhkan obeng minus, tang, kunci inggris dan kunci pas dengan ukuran yang sesuai baut aki serta perkakas lainnya yang memang sekiranya perlu. Pada umumnya ukuran kunci pasnya nomor 10 atau 12.

    • Kondisikan Kunci Kontak Off

    Supaya tidak memicu korsleting, penting bagi Anda untuk mematikan mesin kendaraan. Kondisikan agar posisi kontak mobilnya off. Karena terkadang terjadi fenomena throttle reset di mobil tertentu saat dilakukan pelepasan aki mobil.

    • Lepaskan Kutub Negatif Dahulu

    Pada komponen ini terdapat kabel aki positif, kabel aki negatif, kutub positif dan juga kutub negatif. Saat melepas aki, baiknya Anda fokuskan untuk melepas sisi negatif terlebih dahulu. 

    Bagian tersebut ditandai dengan warna hitam dan ada simbol minus. Hal ini untuk menghindari adanya hubungan arus pendek dan membahayakan aki serta diri sendiri.

    • Lepaskan Kutub Positif

    Usai melepaskan kutub negatif, maka Anda bisa melepaskan bagian kutub positifnya. Tandanya merah dengan simbol plus. Sama saja dengan perlakuan pada kutub negatif, Anda perlu melepaskan kabel, baut dan klemnya. 

    Setelah sisi kutub positif ini telah terlepas, maka Anda sebaiknya tidak menyentuh bodi mobil. Karena khawatir masih ada sisa arus listrik yang tertinggal.

    • Angkat Aki Perlahan