Berita

    Ketahui Cara Menyetel Rem Cakram yang Benar

    Seperti yang kita tahu, rem pada kendaraan berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan dengan baik. Dewasa ini, jenis rem pada mobil terbagi menjadi dua, yaitu rem tromol dan juga rem cakram.

    Bisa dikatakan, rem berjenis cakram adalah pembaruan dari rem tromol atau drum. Dengan demikian, fungsinya pun tergolong lebih unggul daripada pendahulunya.

    Saat ini, mobil-mobil pengeluaran baru pun memasangkan jenis rem ini pada bagian depan dan belakang mobil. Itu karena rem ini membuat keadaan mobil lebih stabil saat melakukan pengereman.

    Agar hasil yang memuaskan, rem ini harus dilakukan penyetelan terlebih dahulu. Dan inilah tahapan-tahapan penyetelannya. Pastikan lakukan tahapan ini secara runtut!

            1. Tahap Awal Dalam Mengatur Rem Cakram 

    Persiapan adalah tahapan yang harus dilakukan dalam melakukan penyetelan rem cakram. Tahapan ini dimulai dengan mempersiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan.Inilah beberapa alat yang penting untuk kamu persiapkan.

    • Dongkrak = Untuk menaikkan sisi badan mobil sehingga dengan mudah melakukan perbaikan pada bagian sisi yang mengalami kerusakan. 
    • Kunci Roda = Kunci ini memiliki beragam model seperti L, X, Y dan roda socket yang menyesuaikan kondisi mur pada ban mobil,
    • Kunci Shock =   Lubang kunci ini berbentuk segi enam hingga segi dua belas.
    • Obeng minus, cairan anti karat dan baut ukuran 12 mm sebanyak 2 biji.

            2. Pelepasan Rem Tromol

    Cara menyetel rem cakram yang kedua adalah melepaskan rem tromol. Tidak hanya itu, kamu juga harus melakukan pembersihan terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkahnya.

    • Lepaskan ban mobil dengan kendorkan mur pada ban menggunakan kunci yang disiapkan. Setelah itu, angkat bodi mobil dengan bantuan dongkrak untuk memudahkan pengambilan ban yang telah dilepas. Dan tak lupa nonaktifkan sementara rem tangan.
    • Kemudian, lakukan pembersihan dengan menggunakan cairan anti karat. Semprotkan secukupnya pada lubang mur dan hub roda. Tunggu beberapa saat agar meresap dan karat-karat menjadi rontok. Ini bertujuan untuk memperbaiki efisiensi rem cakram saat diganti dengan yang baru.
    • Pasangkan baut berukuran 12 mm pada lubang yang telah tersedia dan eratkan dengan kunci stang rachet. Putar mur searah jarum jam untuk menarik rem tromol keluar. 
    • Setelah terlihat keluar, lepaskan mur 12 mm tersebut untuk mengeluarkan rem tromol dari pijakannya.