Berita

    Ketahui Fungsi Utama Body Kit Mobil

    Ingin mobil Anda tampil beda? Anda bisa menggunakan body kit mobil sebagai alternatif. Body kit adalah aksesoris atau komponen tambahan yang dipasang pada bodi mobil untuk meningkatkan atau memperbarui tampilannya.

    Dengan pilihan body kit yang sesuai, Anda bisa mengubah tampilan mobil menjadi lebih sporty, elegan, atau stylish sesuai keinginan. Namun selain itu, ternyata body kit juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting.

    4 Fungsi Utama Body Kit Mobil

    Sebagai komponen tambahan, body kit memiliki berbagai fungsi penting untuk menunjang kinerja mobil saat berkendara. Agar lebih memahami, ikuti ulasan lengkapnya berikut ini!

    • Mempercantik Tampilan Mobil

    Sebagaimana penjelasan di awal, salah satu tujuan pengemudi menggunakan body kit adalah untuk memperbarui desain mobilnya. Dengan menambah body kit baru, eksterior mobil akan terlihat lebih cantik, menarik, dan berbeda dari tampilan awal.

    Apalagi, saat ini semakin banyak pilihan produk body kit dalam berbagai desain sesuai kesan yang ingin diberikan. Ada body kit yang bisa memberi tampilan sporty nan agresif, ada juga yang bisa memberi tampilan lebih modern, elegan, dan mewah.

    Jika tujuannya adalah mempercantik tampilan mobil, Anda bisa memilih body kit berbahan fiberglass, plastik, atau polyurethane. Pasalnya, bahan tersebut mudah dibentuk sesuai keinginan dan harganya juga lebih terjangkau dibanding karbon.

    • Meningkatkan Kinerja Mobil

    Selain mempercantik tampilan eksterior, ternyata pemilihan body kit yang sesuai juga dapat meningkatkan kinerja mobil. Umumnya, para pembalap memilih body kit dengan desain tertentu untuk menambah aerodinamika mobilnya.

    Dengan body kit yang sesuai, hambatan angin menjadi lebih minim sehingga mobil tidak akan mudah goyang meski dikendarai dalam kecepatan tinggi. Contohnya seperti body kit pada bagian lips dan side skirt yang berfungsi memperkecil angin.

    Contoh lain juga bisa dilihat dari modifikasi body kit pada lubang di bumper depan mobil. Selain membuat mobil tampak lebih menarik, ternyata tambahan lubang tersebut dapat membantu mendinginkan intercooler saat berkendara.

    • Meningkatkan Keselamatan Berkendara

    Fungsi lain dari body kit mobil yang tidak kalah penting yaitu untuk meningkatkan keselamatan berkendara. Dengan menambahkan komponen bumper tambahan, eksterior mobil tentu menjadi lebih kuat dan tahan benturan.