Berita

    Ketahui Tips Hindari Kecelakaan di Jalan saat Berkendara

    Dalam hal berkendara, kita diwajibkan untuk tetap fokus setiap saat agar tidak terjadi hal-hal yang dapat menyebabkan kerugian, baik secara individu maupun lingkungan sekitar. Dampak yang ditimbulkan akibat kelalaian dan kesengajaan saat berkendara adalah kecelakaan lalu lintas. Dalam Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) disebutkan, sanksi bagi pengendara yang lalai yaitu jeratan penjara hingga maksimal 12 tahun atau sanksi denda maksimal Rp 24 juta. Berikut adalah tips safety riding agar berkendara menjadi lebih aman di jalanan.

    Tips Hindari Kecelakaan Di Jalan

    Beberapa tips di bawah ini dapat Anda terapkan selama berkendara agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, di antaranya:

    • Selalu Cek Kendaraan

    Tips paling mudah dan mendasar namun bermanfaat untuk hindari kecelakaan adalah dengan melakukan pengecekan sebelum berkendara. Lakukan pengamatan pada kondisi beberapa komponen penting seperti ban atau rem. Jika dirasa ban kurang angin, lekas lakukan pengisian dengan tekanan yang disarankan. Begitu juga jika rem sudah mulai aus, sebaiknya lakukan pengecekan dan penggantian jika dirasa diperlukan.

    • Selalu Mematuhi Peraturan Lalu Lintas

    Terdengar sepele memang, namun dengan mengemudi yang disiplin dan selalu patuhi peraturan lalu lintas, maka akan terhindar dari potensi kecelakaan. Jadilah pengemudi yang bertanggung jawab dengan berkendara dengan sopan, aman dan selalu menghargai pengendara lainnya.

    • Selalu Service Berkala

    Tips satu ini merupakan tindak lanjut dari tips nomor 1 di atas. Dengan lakukan servis berkala, kondisi mobil Anda akan selalu terjaga. Komponen yang sudah tak lagi bekerja dengan baik atau aus, akan mudah mengundang celaka. Jika sudah waktunya melakukan penggantian komponen, maka segera lakukan. gunakan selalu suku cadang yang asli dan berkualitas.

    • Berkendara Dengan Santai

    Santai berarti tidak berkendara secara liar dengan mengebut dan agresif. Selalu hati-hati dengan pengemudi yang lain. Jaga jarak sekitar 2 detik dengan kendaraan depan Anda. Ketika cuaca buruk, jaga jarak hingga selisih 4 detik.

    • Kontrol Emosi

    Hal terpenting selanjutnya untuk menghindari kecelakaan selama berkendara adalah dengan mengontrol emosi Anda. Hindari berkendara secara agresif. Lakukan manajemen waktu yang tepat, karena jika mengemudi secara terburu-buru akan mudah menjadi agresif. Kontrol emosi Anda, terlebih ketika bertemu pengendara yang ugal-ugalan.

    • Menyalakan Musik Favorit