Berita

    Jangan Asal! Perhatikan Hal Berikut ketika Menggunakan Rem Tangan

    Fungsi rem tangan mobil atau hand brake pada kendaraan mobil adalah agar mobil berhenti dengan aman ketika terparkir atau dijalan menanjak. Cara kerja komponen satu ini adalah dengan memberikan tekanan pada roda belakang.

    Ternyata, banyak sekali informasi yang perlu Anda perhatikan untuk komponen satu ini. Walaupun terkadang pengendara, jarang sekali menggunakannya ketika berkendara. Pada artikel ini akan dibahas mengenai fungsi, jenis-jenis hand brake serta penyebab kerusakannya.

    3 Fungsi Vital Rem Tangan Mobil

    Walaupun terkadang hand brake digunakan pada saat-saat tertentu saja, namun ternyata fungsi komponen ini begitu vital. Berikut ini 3 fungsi hand brake mobil yang patut Anda ketahui, yaitu:

    • Menstabilkan Posisi Mobil

    Pertama, fungsi hand brake mobil adalah menstabilkan posisi mobil Anda. Cara kerjanya adalah dengan membantu mobil Anda berhenti dengan sempurna. Misalnya, ketika mobil Anda berada pada posisi parkir.

    Ketika Anda memarkir mobil, tentu waktu yang dibutuhkan cukup lama sehingga komponen hand brake penting untuk diaktifkan. Maka dari itu, istilah hand brake juga disebut sebagai rem parkir mobil.

    • Mengontrol Mobil

    Fungsi kedua dari hand brake mobil adalah mengontrol mobil Anda, terlebih jika Anda melewati jalanan tanjakan atau turunan. Tidak dapat dipungkiri jika Anda lebih banyak menggunakan hand brake ketika di jalan menanjak.

    Terlebih jika Anda mengalami kemacetan di jalan turunan atau menanjak. Tujuan menggunakan hand brake pada kondisi ini adalah agar rem kaki Anda tidak mudah aus karena sering digunakan. Apalagi digunakan pada medan yang tidak rata dan macet.

    • Sebagai Rem Darurat

    Hand brake mobil juga berfungsi sebagai rem darurat. Misalnya, ketika terjadi kemacetan di jalan lalu Anda malas untuk menginjak rem kaki. Maka Anda dapat menggunakan hand brake mobil sebagai alternatif terbaiknya.

    Selain itu, jika pedal rem kaki mengalami masalah, Anda juga dapat memanfaatkan rem tangan sebagai komponen pembantu mobil Anda. Tentu sebaiknya tidak menggunakan hand brake terlalu sering atau overused.

    3 Penyebab Hand Brake Mobil Rusak dan Perawatannya

    Apakah Anda tahu jika penggunaan hand brake terlalu sering akan cepat menimbulkan kerusakan pada komponen tersebut? Ya, hand brake berpotensi mengalami kerusakan seperti macet alias tidak dapat ditarik ke atas.

    rem tangan rusak

    Maka dari itu, Anda wajib mengetahui berbagai penyebab hand brake rusak atau macet serta cara merawatnya. Berikut ini 3 penyebabnya yang wajib Anda ketahui:

    • Terlalu Kuat Menarik Tuas Rem

    Alasan pertama mungkin karena Anda terlalu kuat menarik tuas rem. Sehingga, gerigi yang berada di dalamnya melebihi batas kapasitasnya. Hal ini cukup umum terjadi, yang mana cara mengatasinya cukup mudah.

    Anda dapat mencoba melepas perlahan tuas rem yang macet atau rusak. Lakukan hal tarik dan lepaskan ini berkali-kali hingga hand brake berada pada kondisi normal dan tidak macet.

    • Penggunaan Hand Brake Terlalu Lama

    Penggunaan hand brake terlalu lama juga dapat berpotensi menyebabkan macet atau rusak. Terutama jika Anda memposisikan mobil terparkir pada kondisi banjir atau genangan air. Timbulnya karat pada gerigi rem akan membuat rem sulit untuk dilepaskan.

    Cara untuk mengatasinya adalah tidak memarkir kendaraan Anda pada kondisi banjir atau genangan air. Namun, jika terpaksa maka sebaiknya lepas saja hand brake mobil Anda dan gunakan batu di bawah ban mobil sebagai ganjalan agar mobil tidak mundur.

    • Tak Dapat Membedakan Transmisi Manual dan Otomatis

    Seperti yang Anda ketahui bahwa mobil sekarang ini memiliki dua jenis transmisi, yaitu transmisi manual dan otomatis. Kedua jenis mobil tersebut memiliki cara kerja hand brake yang berbeda.

    Sehingga biasanya hand brake yang rusak diakibatkan pengemudi belum dapat membedakan kedua jenis mobil. Maka dari itu, disarankan agar Anda sebagai pengemudi wajib memahami jenis mobil agar mengetahui cara tepat menggunakan hand brake.

    Kesimpulannya, rem tangan mobil memiliki peran yang sama vitalnya dengan rem kaki atau pedal rem. Namun, jika digunakan terus-menerus maka akan mengakibatkan banyak masalah. Anda sebagai pengemudi wajib untuk mengetahui fungsi hand brake dengan sempurna.