Berita

    Simak Fungsi Lampu Kota pada Mobil

    Seperti yang Anda ketahui, ada beberapa tipe lampu yang terdapat pada mobil. Salah satu tipe yang paling banyak dikenal yaitu lampu kota yang saat ini telah hadir di kebanyakan mobil keluaran terbaru.

    Lampu tersebut juga dikenal dengan sebutan lampu senja atau clearance lamp. Biasanya komponen ini akan dinyalakan pada saat langit sudah mulai gelap, atau kira-kira pada sore hari.

    Fungsi Lampu Kota pada Mobil

    Lampu senja punya beberapa fungsi yang jarang diketahui. Berikut ini kami sudah merangkum apa saja fungsi utama dari salah satu lampu mobil tersebut.

            1. Membantu Memberi Tanda Posisi Kendaraan

    Clearance lamp merupakan sebuah lampu yang memiliki fungsi penting untuk keamanan. Fungsinya tidak hanya di malam hari, selain itu juga berfungsi di siang hari atau cuaca cerah.

    Seperti yang Anda ketahui, tidak semua jalan memiliki satu ruas arah. Ada juga yang dua bahkan tiga ruas jalan. Dengan adanya lampu kota, maka tidak sulit bagi para pengemudi untuk melihat adanya pengendara lain.

    Pengemudi juga akan mengetahui dengan mudah posisi kendaraan di cuaca yang sedang berkabut atau di malam hari. Dengan begitu, para pengemudi bisa menjaga jarak yang aman dengan pengendara lain.

            2. Sebagai Tanda Panjang Pendeknya Kendaraan

    Clearance lamp juga memiliki fungsi sebagai penanda ukuran lebar dan juga panjang kendaraan. Dengan begitu, pengemudi bisa langsung mengenali tipe mobil tersebut, baik itu truk, bus, maupun mobil keluarga biasa.

    Beberapa kendaraan mungkin memerlukan lampu tambahan untuk mengetahui ukuran yang akurat. Dengan begitu, panjang bodi mobil bisa menjadi lebih mudah diketahui sehingga pengemudi lain bisa mempertimbangkan saat ingin menyalipnya.

    Lampu senja juga bisa memudahkan pengendara lain untuk memperkirakan berapa jarak yang harus ditempuh pada kecepatan tertentu saat berencana mendahuluinya. Dengan begitu, kecelakaan pun bisa dihindari.

            3. Sebagai Penanda Arah Laju Mobil

    Fungsi lain dari lampu senja yaitu sebagai penanda arah laju kendaraan. Umumnya model lampu ini berjenis front position lamp yang memiliki warna putih.

    Dengan memperhatikan lampu ini, pengendara lain bisa mengetahui kendaraan lain sedang melaju di arah yang berlawanan. Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa clearance lamp bukan hanya sebagai aksesoris biasa, juga sebagai fitur keamanan.

    Bagaimana Cara Menghidupkan Clearance Lamp?