Berita

    Tips Mengemudi agar Hemat BBM Selama Mudik

    Harga bahan bakar minyak alias BBM yang mengalami kenaikan beberapa waktu lalu, dapat disikapi dengan gaya mengemudi hemat bahan bakar. Dengan menerapkan gaya mengemudi hemat bensin, bukan tak mungkin kita dapat melakukan penghematan. Setidaknya, ada lima jurus jitu agar mobil lebih hemat BBM saat melakukan perjalanan mudik. Apa saja? Mari kita lihat:

            1. Jangan Memanaskan Mobil Terlalu Lama

    Memanaskan mesin mobil memang diperlukan untuk memberi waktu oli mesin melumasi komponen internal mesin sebelum digunakan serta menjaga keawetan mesin.

    Namun, jika terlalu lama maka akan membuang bahan bakar cukup banyak secara percuma.

    Idealnya mobil produksi sekarang dengan sistem pembakaran injeksi cukup dipanaskan sekitar dua sampai lima menit sebelum digunakan.

            2. Tidak Berakselerasi dengan Tiba-Tiba

    Pada mobil bertransmisi matic, point satu ini kerap disebut dengan kick down. Selain dapat membuat bahan bakar terbuang percuma, akselerasi spontan juga dapat membuat boros ban.

    Boros bahan bakar akibat akselerasi spontan atau mendadak bisa terjadi baik di mobil bertransmisi manual maupun matic sekalipun. Sebaiknya selalu perlahan dalam menekan pedal gas agar bahan bakar efisien dikonsumsi mesin.

            3. Jaga Jarak Aman

    Mobil yang berjalan dengan kecepatan stabil berarti tidak terlalu sering menginjak dan melepas pedal gas, sehingga cenderung mengkonsumsi bahan bakar lebih sedikit.

    Coba jaga jarak aman dan berada dalam kecepatan yang stabil, jangan mengurangi atau menambah kecepatan secara mendadak.

            4. Sesuaikan Mengemudi dengan Jalanan

    Contohnya kalian menurunkan gigi di saat yang tepat ketika melalui jalan menanjak, atau penggunaan teknik engine brake saat melalui jalan yang menurun. Cara kalian memasuki jalanan menikung juga dapat membantu kita agar lebih hemat bahan bakar.

    Caranya dengan kurangi gas sebelum masuk ke tikungan untuk mengurangi kecepatan, kemudian tambah kecepatan secara perlahan saat sudah masuk tikungan atau ketika akan segera keluar dari tikungan tersebut.

    Itu dia beberapa tips agar tidak boros BBM saat mudik.