Berita

    Tips Menjaga Kebersihan dan Tampilan Eksterior Mobil

    Menjaga eksterior mobil merupakan hal yang penting, supaya kebersihan dan tampilannya tetap terjaga dengan baik. Dengan begitu, mobil akan lebih enak dipandang karena terlihat menarik dan bersih.

    Ada berbagai hal yang sebaiknya Anda perhatikan supaya bisa merawat eksterior mobil dengan baik. Intip hingga tuntas penjelasan berikut dan pastikan eksterior mobil Anda tetap terjaga!

    Tips Menjaga Eksterior Mobil

    Supaya bisa menjaga kebersihan dan tampilan dari eksterior mobil, maka Anda bisa melakukan berbagai tips di bawah ini dengan optimal.

    • Pilihlah Waktu dan Tempat yang Tepat Ketika Mencuci Mobil

    Salah satu hal penting untuk menjaga eksterior mobil adalah dengan membersihkan atau mencucinya secara rutin. Namun, ada berbagai hal yang sebaiknya Anda perhatikan, misalnya tentang waktu dan tempat yang tepat.

    Ketika hendak mencuci mobil, sebaiknya Anda mengatur waktu yang tepat. Sebaiknya, lakukan pencucian mobil ketika mesin sudah mati, sehingga bisa menjaga mesin supaya tidak cepat rusak.

    Selain itu, sebaiknya Anda tidak mencuci mobil di bawah paparan terik matahari yang terlalu panas. Hal tersebut bisa membuat warna cat menjadi cepat pudar atau tidak terjaga.

    Ada baiknya, mencuci mobil dilakukan di tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Akan lebih baik jika dilakukan di pagi hari, ketika cahaya matahari masih belum terlalu menyengat dan mesin mobil telah dingin.

    • Jangan Pakai Detergen untuk Mencuci

    Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah jenis sabun yang digunakan untuk mencuci mobil. Jangan gunakan sabun yang mengandung detergen, karena bisa membuat eksterior mobil menjadi tidak awet atau cepat rusak.

    Anda sebaiknya memakai sabun khusus yang memang digunakan untuk mencuci mobil. Sabun ini memiliki tekstur yang cukup lembut dan bisa menghasilkan banyak busa, sehingga Anda bisa mencuci dengan maksimal.

    Namun, jika memang tidak ada, bisa juga memakai sabun mandi dan sampo untuk menggantikannya. Pastikan tidak ada kandungan detergen di dalamnya, supaya tidak merusak eksterior mobil.

    • Atur Kekuatan Air

    Masih tentang mencuci mobil, hal lain yang penting adalah mengatur kekuatan air. Gunakan tekanan atau semprotan air yang sedang dan tidak terlalu kencang.

    Tekanan air yang terlalu kencang bisa membuat berbagai lapisan pada eksterior mobil menjadi terkikis. Tentunya, hal ini tidak baik dan bisa membuat eksterior menjadi cepat rusak.

    Sumber: iStock
    • Pastikan Mobil Kering Setelah Dicuci