Berita

    Tips Menjaga Kualitas Lampu Mobil agar Tetap Terang

    Lampu mobil punya peran penting dalam menjaga keselamatan dan keamanan selama berkendara. Terutama saat Anda berkendara di waktu malam, tentu Anda akan membutuhkan lampu untuk menerangi jalan. 

    Seiring berjalannya waktu, lampu pada mobil bisa saja mengalami penurunan kualitas. Lampu bisa berubah jadi kuning dan tidak terang. Mari cari tahu apa saja yang perlu dilakukan agar lampu kendaraan Anda bisa selalu terang! 

    Menjaga Kualitas Lampu Mobil

    Mengingat betapa pentingnya peran lampu saat berkendara, maka sebaiknya Anda menjaga komponen ini sebaik mungkin. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas lampu pada mobil:

    • Gunakan Tipe Lampu yang Sesuai

    Tips pertama, usahakan untuk memakai tipe lampu yang sesuai. Pakailah lampu yang cocok dengan kapasitas mobil Anda. Jika daya lampunya saja tidak cocok maka lampu akan lebih mudah rusak. 

    Jika jenis lampunya sesuai maka daya akan diserap dengan baik oleh lampu. Energi listrik bisa mengalir secara optimal dan membuat lampu tersebut juga jadi lebih tahan lama. 

    • Pakailah Cairan Anti Sinar UV

    Berikutnya cobalah untuk memakai cairan anti sinar UV untuk melindungi lampu kendaraan. Perlu diketahui bahwa paparan sinar UV ternyata bisa membahayakan kualitas lampu kendaraan Anda. 

    Anda bisa membeli cairan anti sinar UV dan mengaplikasikannya di permukaan lampu. Lakukan secara berkala untuk memastikan lampu Anda terlindungi dari efek buruk paparan sinar UV.

    • Cuci Lampu secara Rutin

    Cobalah untuk mencuci lampu mobil secara rutin karena bagaimanapun juga kebersihan akan berpengaruh pada kualitas. Jika lampu dalam kondisi kotor maka pancaran cahayanya akan jadi kurang terang. 

    Anda bisa mencuci lampu secara berkala, namun utamakan untuk mencuci lampu setelah hujan. Setelah berkendara di tengah hujan, pastikan untuk segera mencuci bagian lampu agar bekas air hujan tidak membandel. 

    • Gunakan Cairan Khusus

    Tips berikutnya pakailah cairan khusus untuk menjaga agar lampu selalu bersih dan tidak kuning. Anda bisa membeli cairan khusus ini di toko peralatan otomotif atau beli lewat e-commerce

    Cairan ini bisa membantu menjaga kualitas sorot lampu sehingga selalu terang. Anda juga bisa mencoba menggunakan cairan khusus ini jika kaca lampu sudah terlanjur mulai menguning. 

    • Usahakan Parkir di Tempat Teduh