Berita

    Benda-Benda Ini Dapat Merusak Kaca Mobil

    Kaca mobil memiliki peran penting untuk menjaga kenyamanan dan keamanan penumpang di dalam kendaraan. Apabila kondisi kaca mobil rusak, ini bisa mengakibatkan masalah yang cukup fatal.

    Maka dari itu, penting untuk mencegah hal-hal yang bisa merusak kaca mobil. Dalam hal ini, Anda juga perlu menghindari beberapa benda yang bisa menyebabkan kerusakan pada kaca mobil.

    Benda-Benda yang Membuat Kaca Mobil Rusak

    Beberapa jenis benda ini, tidak bisa Anda anggap sepele karena akan membuat kaca mobil mengalami kerusakan. Apa saja itu? Berikut daftarnya!

    • Debu dan Kerikil

    Meski debu dan kerikil memiliki partikel yang sangat kecil, nyatanya ini dapat menyebabkan goresan pada permukaan kaca mobil. 

    Mengingat kendaraan mobil seringkali melintasi jalanan yang berdebu, maka penting untuk selalu membersihkan permukaan kaca secara rutin.

    • Semen dan Cat Bangunan

    Jika kendaraan Anda berada di dekat area konstruksi, hati-hati jika terkena semprotan cat bangunan atau semen dari sekitar. Sebab, material bahan bangunan ini dapat merusak permukaan cat mobil.

    • Batu

    Jalanan bebatuan memungkinkan kendaraan Anda terkena lemparan batu yang bisa membuat kaca mobil rusak. Hal ini dikarenakan batu merupakan benda keras yang bisa membuat kaca retak dan pecah apabila terkena lemparan batu.

    • Pencemaran Udara

    Pencemaran udara tidak hanya mencemari lingkungan sekitar saja. Masalah ini juga bisa menyebabkan kaca mobil menjadi rusak akibat residu yang menempel dalam waktu lama.

    • Serangga dan Getah Pohon

    Pernahkah Anda mendapati serangga atau getah pohon menempel pada permukaan kaca mobil Anda? Hal ini perlu Anda waspadai karena bisa merusak kaca mobil jika tidak dibersihkan dalam waktu lama.

    • Benda Tumpul

    Lemparan benda tumpul juga beresiko menyebabkan mobil kaca menjadi rusak sehingga Anda tetap harus waspada. 

    Jika Anda hendak membawa benda tumpul seperti alat tulis, gunting, dan lainnya, lebih baik disimpan ke dalam kotak penyimpanan agar tidak merusak komponen di dalam mobil. 

    Macam-Macam Kaca Mobil Rusak

    Dari berbagai jenis benda-benda yang bisa merusak kaca mobil, sebenarnya kerusakannya kaca mobil ini pun bermacam-macam. Tentunya, hal ini tidak hanya merusak estetika mobil saja, tetapi bisa mengancam kenyamanan dan keamanan Anda. 

    Adapun, kerusakan yang terjadi pada kaca mobil bervariasi. Berikut adalah masing-masing penjelasannya:

    • Kaca Macet

    Masalah kaca macet sangat umum terjadi pada semua jenis mobil. Biasanya, masalah ini terjadi akibat penumpukkan kotoran dan debu sehingga menghalangi jalur kaca bisa naik turun.

    Maka dari itu, sebaiknya untuk selalu membersihkan kotoran, debu, dan sisa-sisa benda di sekitar jalur kaca mobil Anda. Lakukan pembersihan secara rutin agar gerakan kaca berjalan lancar.

    • Kaca Berembun

    Fogging atau disebut dengan kaca berembun adalah masalah yang cukup fatal karena bisa mengganggu pandangan pengemudi. Masalah ini bisa terjadi akibat kondensasi uap air yang menciptakan embun sehingga mengurangi jarak pandang kendaraan.

    Masalah ini terjadi karena paparan pencemaran udara atau cuaca lembab ketika musim hujan. Hal ini yang membuat uap air menempel sebagai embun di kaca yang bisa mengganggu visibilitas pengemudi.

    • Kaca Tergores 

    Masalah seperti debu, pasir, dan kerikil akan menyebabkan kaca mobil bisa tergores. Masalah ini juga terjadi jika Anda melakukan pembersihan kaca dengan cara teknik yang salah.

    kaca tergores

    • Kaca Retak

    Kerusakan ini tentunya sangat fatal karena bisa menyebabkan risiko kecelakaan meningkat. Masalah ini dapat dipicu akibat lemparan benda asing seperti batu kecil atau hentakan dari benda keras di sekitar.