Berita

    Simak Arti dari Overhaul Pada Mesin Mobil

    Apakah arti overhaul? Ini adalah salah satu istilah dalam dunia otomotif yang sering digunakan. Orang-orang yang kurang familiar dengan istilah ini pasti mengenal yang namanya turun mesin. Nah overhaul inilah istilah lain dari turun mesin.

    Pengertian Overhaul Pada Mesin Mobil

    Untuk mesin yang berusia cukup tua, sebaiknya harus sering turun mesin. Ini sangat penting untuk bisa mengetahui kerusakan mesin dan memperpanjang jenis mesin.

    Sebenarnya apa sih overhaul? Overhaul atau yang biasa disebut dengan turun mesin adalah proses di mana mesin dibongkar untuk mengetahui komponen mana yang rusak, apakah masih bisa diperbaiki atau harus diganti baru.

    Overhaul bisa dikatakan sebagai jenis servis yang berat karena biasanya cek mesin jenis ini membutuhkan waktu yang lama, dan ditujukan untuk mesin tua atau mesin yang memiliki kerusakan yang berat.

    Karena proses overhaul dilakukan dengan pembongkaran, penggantian, dan pemasangan mesin, maka harus dilakukan oleh tenaga yang profesional.

    Namun poin penting yang harus diingat, jangan langsung minta untuk overhaul, karena butuh analisa sebelum eksekusi agar penanganan bisa sesuai dengan kebutuhan.

    https://downloader.la/temp/%5bDownloader.la%5d-62eeddfce4ce5.jpg

    Ciri Mesin Perlu Overhaul

    Seperti disebutkan sebelumnya, harus ada analisa mendalam sebelum dilakukan overhaul. Jangan samakan waktu overhaul kendaraan satu dengan yang lain karena perawatan kendaraan juga berpengaruh besar. Berikut adalah beberapa ciri mesin yang perlu overhaul:

    • Air radiator berminyak

    Saat mengecek air radiator, ini dapat menjadi salah satu indikator penting. Apabila ditemukan minyak dalam radiator, kamu perlu waspada nih. Ini bisa jadi oli bocor yang masuk ke radiator.

    • Kepala Busi Terkena Oli

    Ciri lain yang menandakan perlu segera overhaul adalah saat kepala busi basah karena kena oli. Ini akan membuat kompresi gampang terbakar karena olo yang masuk.

    • Air Radiator Berkurang

    Saat air radiator berkurang dengan cepat, kamu harus waspada. Bisa jadi ini tanda overhaul. Bila keadaan ini terjadi, kamu harus segera melakukan pengecekan di bengkel.

    • Suhu Mesin Meningkat Secara Signifikan