Berita

    Cara Mengganti Wiper Mobil dengan Benar

    Wiper mobil yang sudah tidak berfungsi dengan optimal sebaiknya segera diganti. Hal ini menjadi penting karena berkaitan dengan berbagai aspek keamanan berkendara, terlebih jika sudah memasuki musim hujan.

    Jika wiper butuh diganti, sebenarnya Anda bisa melakukannya sendiri dengan cara yang terbilang mudah. Anda bisa saja melakukannya dari rumah dan tidak perlu membawa mobil ke bengkel.

    Inilah Cara Mengganti Wiper Mobil

    Cara utama untuk mengganti wiper sebenarnya hanya terdiri dari melepas yang lama dan memasangnya yang baru.

    Cara penggantian wiper ini tidak terlalu rumit sehingga Anda bisa melakukannya secara mandiri. Namun, tetap perlu diperhatikan betul setiap langkahnya dan lakukan dengan hati-hati.

    • Sebelum Mulai, Pastikan Ukuran Wiper Sudah Sesuai

    Sebelum memasang, pastikan Anda telah membeli wiper yang sesuai. Gunakan wiper yang panjangnya sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan oleh mobil Anda.

    Perlu diketahui bahwa setiap mobil bisa memiliki ukuran wiper yang berbeda, jangan sampai Anda salah beli. Ukuran yang dibeli harus sesuai, karena jika terlalu pendek atau panjang akan bermasalah ketika digunakan.

    Jika terlalu pendek, maka wiper akan sulit digunakan untuk menghapus kotoran atau air secara maksimal. Lalu, jika terlalu panjang ukurannya, kedua wiper yang dipasang di mobil akan bertabrakan.

    • Melepas Wiper Lama

    Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melepas wiper yang lama. Cara melepasnya yaitu dengan mengangkatnya ke atas. Hal tersebut sama seperti ketika Anda sedang mencuci mobil.

    Selanjutnya, tekan bagian klip atau penguncinya, terletak di bagian tengah. Anda bisa menekannya, kemudian mendorongnya ke arah bawah. Dengan begitu, wiper akan terlepas dengan aman.

    Jika mobil Anda memakai wiper yang model frame, maka Anda bisa melepasnya dengan cara mengarahkan wiper ke atas, kemudian menekan bagian penjepit di tangkai frame tersebut. Selanjutnya, dorong frame ke arah bawah.

    Lalu, jika Anda memakai model yang tidak memakai frame, Anda bisa membuka kunci pengaitnya terlebih dahulu dan mendorongnya ke bawah dengan hati-hati.

    Ketika melakukan tahap pelepasan ini, perlu Anda perhatikan betul posisi dari wiper yang akan dilepas, jangan sampai jatuh dan menimpa kaca.