Berita

    Mengenal Fitur Cruise Control yang Bikin Road Trip jadi Santai

    Pada mobil modern, sejumlah fitur telah disematkan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Salah satu fitur tersebut adalah Cruise Control yang merupakan sebuah perangkat elektronik untuk mengunci pedal gas pada kecepatan tertentu. Dengan fitur tersebut maka pengendara bia melepas gas namun kecepatan mobil berada pada kecepatan yang stabil.

    Selain meningkatkan kenyamanan pengemudi saat menempuh perjalanan panjang, fitur ini juga membantu menghemat bahan bakar. Pasalnya dengan kecepatan yang konstan maka pembakaran bahan bakar juga akan semakin efisien.

    Teknologi ini ditemukan oleh Ralph Teetor, seorang tunanetra asal Amerika Serikat. Ia menciptakan teknologi Cruise Control akibat keterbatasan fisik yang menyebabkan dirinya tidak bisa mengemudi mobil.

    Dikabarkan bahwa ide ini muncul setelah Ia jengkel dengan pengacaranya yang terlalu lambat saat mengemudi untuk mengantarkan dirinya. Ia pun akhirnya mencoba untuk menciptakan teknologi apa yang bisa berfungsi untuk mengatur kecepatan mobil menjadi stabil, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.

    Setelah melakukan beberapa kali percobaan, Ia pun berhasil dan mematenkan mematenkan perangkat cruise control yang sudah dirancang olehnya pada tahun 1948. Sekitar satu dekade kemudian, perangkat tersebut disempurnakan dan dipasang pada mobil-mobil komersial.

    Mobil pertama yang memakai fitur cruise control ini adalah model 1958. Kemudian, beberapa tahun ke belakang sudah banyak dijumpai produsen mobil yang melengkapi kebutuhan mobil dengan fitur tersebut.

    Awalnya, cruise control hanya dimiliki oleh mobil-mobil mewah saja. Namun seiring dengan perkembangan jaman, kendaraan-kendaraan kelas menengah pun kini sudah menawarkan fitur serupa.

    Namun semakin banyaknya kendaraan yang memiliki fitur ini juga harus diimbangi dengan pengetahuan berkendara masyarakat. Dan berikut adalah beberapa tips untuk bisa memaksimalkan fitur cruise control dengan aman.

    Pertama adalah evaluasi kondisi jalan tol terlebih dahulu. Evaluasi termasuk pada kosong tidaknya jalan serta kondisi cuaca. Perlu diingat bahwa cruise control tidak dirancang untuk digunakan dalam kondisi cuaca buruk.

    Naikkan kecepatan secara bertahap di jalan tol hingga sesuai dengan kebutuhan. Setelah mencapai kecepatan yang diinginkan, aktifkan cruise control. Biasanya lewat tombol di roda kemudi.

    Pastikan untuk memasang cruise control sesuai dengan batas kecepatan di jalan tol atau sekitar 100 km/jam. Atau bisa juga pasang dibawah itu, sesuai dengan kemampuan mengemudi. Jangan menyetel cruise control di atas batas legal karena akan berisiko kecelakaan.