Berita

    Cara Mudah Membaca Kode Ukuran Ban Mobil

    Fungsi dan Cara Simpel Baca Kode Ukuran Ban Mobil 

    Saat harus mengganti ban mobil dengan yang baru, Anda tidak bisa asal membeli. Ada ukuran dan juga kode tertentu yang harus diingat sebelum menuju ke dealer ban. Dengan pemilihan yang tepat, maka fungsi dari ban tersebut akan menjadi lebih maksimal. 

    Fungsi Ban Pada Mobil

    Ban merupakan salah satu bagian penting bagi kendaraan bermotor jenis apapun. Sebab, komponen inilah yang langsung bersentuhan dengan aspal jalanan. 

    Semahal dan sebagus apapun kendaraan yang dimiliki jika ban dalam kondisi tidak prima maka kendaraan itu pun tidak bisa optimal saat dikemudikan. Bahkan, kondisi tersebut bisa membahayakan para pengguna jalan lainnya. 

    Tidak hanya berfungsi untuk membuat kendaraan Anda berjalan, tapi masih ada beberapa fungsi penting lainnya dari sebuah ban. Secara keseluruhan, fungsi dan manfaat ban adalah sebagai berikut: 

    1. Penyangga beban, baik itu pengemudi, penumpang, muatan, maupun bobot kendaraan itu sendiri.
    2. Kontrol stir dan meneruskan fungsi kemudi agar bisa diarahkan sesuai dengan keinginan pengendara.
    3. Mengerem dan meneruskan daya gerak mesin sesuai dengan keinginan pengendara.
    4. Meredam getaran yang ditimbulkan oleh permukaan jalan.

    Cara Baca Kode dan Ukuran Ban 

    Ketika mengganti ban, Anda bisa melihat di bagian samping terdapat deretan angka dan huruf yang menyerupai kode tertentu. Informasi yang tercantum pada kode tersebut diantaranya adalah ukuran/dimensi, tekanan, suhu maksimal, dan maksimal rotasi kecepatan. 

    Walaupun terkesan sukar untuk dimengerti, ternyata membaca kode ban tidak sesulit yang dibayangkan. Sebab, Anda hanya perlu memperhatikan dengan teliti setiap kode yang tertera pada ban. 

    Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh kode pada mobil berikut ini.

    Kode yang tercetak pada ban adalah 205 / 65R15 95H. Cara membacanya adalah sebagai berikut:

    205 : Lebar ban bagian luar dalam ukuran milimeter.

    65 : Rasio aspek atau persentase perbandingan antara tinggi ban dengan lebar. Pada angka 65 mengartikan bahwa tingginya adalah 65% dari lebar ban.

    R : Jenis konstruksi ban adalah Radial yang memiliki lapisan kain dengan senar melintang dan lapisan tambahan di sekitar area tapak ban. 

    15 : Diameter ban pada mobil. Untuk contoh kode di atas, maka ukuran ban mobil yang digunakan adalah 15 inci.