Berita

    Featured Image

    Bagian Mesin Berkarat? Ini Cara Mengatasinya

    Mesin mobil sebagian besar terbuat dari bahan dasar logam dan alumunium yang bekerja untuk menghasilkan bahan bakar menjadi energi. Karena bahannya terbuat dari logam, penting sekali untuk mengantisipasi cara mengatasi mesin berkarat jika sewaktu-waktu mengalami korosi.

    Sebab, banyak sekali penyebab yang bisa memicu timbulnya karat pada bagian mesin motor seperti terkena air hujan, kontaminasi bahan kimia, dan lainnya. Berikut simak penjelasan lebih detail untuk di bawah ini.

    Cara Mengatasi Mesin Berkarat

    Cara Mengatasi Mesin BerkaratFreepik.com

    Tentunya ada banyak cara untuk mesin kendaraan yang berkarat dengan beberapa trik sederhana. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki mesin berkarat.

    • Gunakan Cairan Pembersih Karat

    Sesuai dengan namanya, untuk kebutuhan pribadi Anda harus selalu mempersiapkan cairan pembersih karat. Caranya bisa dilakukan dengan mengaplikasikan cairan ke komponen yang mengalami korosi.

    Tidak hanya bisa menghilangkan karat saja, cairan pembersih ini juga bisa membersihkan material mobil dari kotoran dan debu yang menempel. Dengan menggunakan produk pembersih khusus, ini juga dapat menjaga kondisi metal pada mesin tetap terjaga.

    • Hilangkan Karat dengan Pasta Gigi

    Belum banyak yang tahu, ternyata pasta gigi juga bisa membantu masalah komponen mesin yang berkarat. Tentu bahan yang banyak digunakan dalam kebutuhan sehari-hari ini juga bisa menjadi trik mudah untuk mengatasi korosi pada mesin mobil.

    Caranya bisa Anda lakukan dengan mengaplikasikan pasta gigi ke bagian permukaan komponen berkarat. Setelah didiamkan beberapa menit, gosok secara perlahan menggunakan kain lembut dan lakukan secara berulang hingga karat menghilang.

    • Manfaatkan Pembersih Lantai

    Pembersih lantai bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan karat membandel yang ada di permukaan body motor. Belum banyak yang tahu, sebenarnya apapun jenis pembersih lantai bisa digunakan untuk membersihkan karat dengan cara mengoleskan cairan ke bagian yang korosi.

    Anda cukup menunggu hingga beberapa saat dan area karatnya menunjukkan reaksi. Setelah itu, gosok menggunakan sikat gigi secara perlahan hingga karat menghilang. 

    • Pakai Baking Soda

    Baking soda memiliki kandungan bahan aktif yang terbukti ampuh menghilangkan kotoran membandel termasuk karat. Cara menggunakannya adalah mencampur baking soda dengan air lalu aplikasikan ke bagian mesin yang terkena karat.

    Lakukan secara teliti dan berulang hingga karat benar-benar menghilang. Cara ini juga lebih ampuh jika sekaligus melakukan perendaman dalam waktu cukup lama.

    • Aplikasikan Cuka 

    Cuka adalah barang yang mudah didapatkan dan sangat efektif untuk menghilangkan karat. Anda bisa memanfaatkan bahan dapur ini baik jenis cuka putih ataupun cuka apel.

    Penggunaan cuka untuk masalah karat bisa Anda gunakan untuk komponen spare part berukuran kecil, contohnya seperti baut. Rendam selama semalaman hingga karat luntur, lalu sikat secara perlahan.

    Itu dia beberapa langkah cara mengatasi mesin berkarat yang bisa Anda lakukan di rumah menggunakan bahan sederhana. Penting juga untuk memperhatikan bahan yang aman agar tidak menimbulkan risiko yang lebih besar.