Berita

    Featured Image

    Sebenarnya Hemat! Ini Penyebab Mobil Anda Boros

    Penyebab mobil boros bensin menjadi salah satu ‘PR’ tersendiri bagi pengguna kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak bumi. Pasalnya, terkadang mobil dapat menghabiskan lebih banyak bahan bakar dibanding waktu biasanya.

    Ternyata, hal ini dapat terjadi akibat beberapa faktor. Mulai dari tekanan angin yang kurang dari standar, ukuran ban yang tidak sesuai, dan masih banyak lagi. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa segera memberikan solusi yang tepat untuk masalah tersebut. 

    Penyebab Mobil Boros yang Jarang Diketahui

    Konsumsi bahan bakar yang boros bisa jadi pertanda adanya masalah pada kendaraan tersebut. Berikut beberapa hal yang menyebabkan mobil boros:

    • Tekanan Angin Ban Kurang

    Hal pertama yang dapat menyebabkan kendaraan lebih boros bahan bakar yaitu tekanan angin ban yang kurang sesuai. Ban yang kurang angin dapat menghasilkan area gesekan yang lebih besar dengan jalan. 

    Hal tersebut menyebabkan mesin kendaraan harus bekerja lebih ekstra agar kecepatan mobil dapat sesuai. Pada akhirnya, konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih boros.

    • Belum Mengganti Oli

    Salah satu kebiasaan buruk penggunaan kendaraan yaitu lupa mengganti oli. Kebiasaan ini dapat menjadi penyebab mobil boros bahan bakar. 

    Belum Mengganti OliFreepik.com

    Pasalnya, oli yang sudah lama tidak diganti akan terkontaminasi oleh partikel logam, kotoran, serta bahan-bahan lainnya sehingga oli tidak dapat melumasi mesin kendaraan dengan optimal.

    Akibatnya, komponen mesin menjadi lebih cepat aus dan memberikan beban yang lebih besar pada kendaraan. Hal inilah yang menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi meningkat.

    • Ukuran Ban Kurang Sesuai

    Menggunakan ban dengan ukuran yang tidak sesuai dapat menyebabkan mobil lebih boros. Mengapa demikian? Karena ban dengan ukuran yang kurang sesuai dapat menciptakan aerodinamika dan  hambatan gulir pada mobil. 

    Ban dengan hambatan gulir yang besar akan menghasilkan tarikan yang lebih besar pula pada mobil. Hasilnya, mobil harus bekerja lebih keras sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

    • Mengemudi dengan Agresif

    Penyebab mobil boros berikutnya yaitu kebiasaan berkendara dengan agresif. Perlu diketahui bahwa pada saat Anda menginjak pedal gas secara tiba-tiba dan akselerasi secara agresif dapat memaksa mesin bekerja lebih keras.

    Tentunya, hal ini dapat membuat bahan bakar yang dikonsumsi lebih banyak agar mesin mampu menghasilkan tenaga yang dibutuhkan dalam waktu singkat. Selain itu, pengendara yang biasa mengerem mendadak juga dapat memicu boros bahan bakar.

    • Mobil Kurang Terawat

    Mobil yang kurang terawat bisa menjadi salah satu penyebab borosnya bahan bakar. Beberapa komponen yang kurang terawat dapat memengaruhi efisiensi penggunaan bahan bakar. 

    Misalnya, busi yang rusak atau kotor bisa memengaruhi proses pembakaran menjadi tidak sempurna. Hasilnya, konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Selain itu, filter udara yang kotor juga dapat memengaruhi aliran udara menuju mesin.

    • Jenis Bahan Bakar Kurang Tepat

    Penggunaan jenis bahan bakar yang kurang tepat juga dapat menyebabkan mobil lebih boros. Pada saat Anda mengisi bahan bakar dengan kadar oktan yang lebih rendah dari rekomendasikan pabrikan, dapat menyebabkan mesin mengalami knocking.

    Agar knocking dapat diatasi, mobil akan mengatur ulang sistem bahan bakar dan pengapian. Hal ini dapat menurunkan efisiensi proses pembakaran dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.