Berita

    Jenis-Jenis Pintu Mobil: Swing, Sliding, dan Power Doors

    Jika membahas tentang berbagai komponen pada mobil, maka akan ada banyak sekali hal yang bisa dibahas. Salah satu topik yang cukup menarik yaitu tentang jenis-jenis pintu mobil.

    Setiap jenis mobil, bisa jadi memiliki desain yang berbeda pula, termasuk untuk desain bagian pintunya. Meski hanya ada beberapa jenis pintu yang umum dipakai dalam desain mobil, namun sebenarnya ada berbagai jenis lainnya yang juga tidak kalah menarik.

    Jangan lewatkan penjelasan dalam artikel ini untuk lebih mengetahui tentang jenis pintu mobil, siapa tahu salah satunya cocok dengan selera Anda!

    Jenis-Jenis Pintu Mobil

    Di bawah ini adalah penjelasan tentang berbagai jenis pintu mobil. Perhatikan dengan baik jika Anda sedang berencana memilih atau membeli mobil!

    • Pintu Konvensional atau Conventional Doors

    Pertama, ada jenis pintu konvensional yang umum ditemui pada berbagai varian mobil. Pintu ini dapat dibuka dengan cara standar untuk membuka pintu, sebagaimana Anda membuka pintu di rumah pada umumnya.

    Pintu ini banyak digunakan karena cukup mudah digunakan, serta terbilang murah jika dilihat dari segi biaya pembuatannya. Namun, karena desainnya sudah cukup umum, maka mungkin saja membuat bosan sebagian orang.

    • Pintu Geser atau Sliding Doors

    Kedua, ada jenis sliding doors atau yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai pintu geser. Sesuai dengan namanya, pintu ini dibuka dengan cara digeser.

    Biasanya, pintu jenis ini didesain untuk bagian baris kedua penumpang. Selanjutnya, pintu di baris depannya masih tetap memakai jenis pintu konvensional.

     

    jenis-jenis pintu mobil

    iStock

    Pintu jenis ini memiliki kelebihan berupa ruang masuknya yang terbilang lebih besar, karena Anda bisa menggesernya sampai batas maksimal jika memang diperlukan.

    Kelebihan ini pula yang membuat pintu ini populer digunakan untuk mobil van, minivan, dan sejenisnya.

    Selain itu, pintu ini juga memiliki kelebihan dengan cara membukanya yang praktis dan ringkas, sehingga tidak akan mengenai mobil atau objek lain di sampingnya. Hal ini sangat bermanfaat jika Anda ingin memarkirkan mobil di tempat cukup sempit.

    Namun, ada pula kekurangan dari pintu ini, yaitu karena memakai rel untuk membuka atau menutupnya, maka hal ini perlu diperhatikan dengan baik. Jika bagian rel berkarat, maka pintu akan macet atau menjadi sulit untuk dibuka.

    • Pintu Gunting atau Scissor Doors/Swing Doors

    Selanjutnya, ada jenis pintu gunting yang desainnya terbilang keren dan banyak mencuri perhatian. Desain yang menarik, menjadi kelebihan tersendiri bagi jenis pintu ketiga ini.

    Pintu ini dapat dibuka dengan gaya vertikal, sehingga pintu akan terangkat ke atas ketika Anda membukanya. Cara membuka dan menutup pintu ini tampak mirip dengan penggunaan gunting.

    • Power Doors Lock

    Selanjutnya, ada jenis power doors lock yang memungkinkan Anda membuka atau menutup pintu dengan menggunakan remote. Kelebihan dari jenis pintu ini yaitu dapat terhubung dengan alarm, sehingga dapat meningkatkan keamanan.

    • Pintu Kanopi  atau Canopy Doors

    Jika Anda bertanya tentang jenis-jenis pintu mobil yang unik, maka salah satu jawabannya adalah pintu kanopi. Keunikan dari pintu ini yaitu Anda dapat membukanya ke atas, sehingga nantinya membentuk kanopi.

    Selanjutnya, pengendara dan penumpang bisa langsung keluar mobil, baik dari sisi kanan maupun kiri.

    • Gullwing Doors

    Sesuai namanya, pintu ini dapat terbuka dan menghasilkan tampilan yang mirip burung camar dengan kepakan sayapnya. Engsel pintu ini berada di bagian atap, sehingga memungkinkan pintu untuk membuka ke arah atas.

    Itulah berbagai jenis pintu mobil, sebagian mungkin sudah umum dan banyak beredar untuk jenis mobil konvensional, namun ada pula jenis-jenis lainnya yang terbilang cukup unik dan jarang ditemui.