Berita

    Kenali Penyebab Rem Tangan Keras dan Tidak Bisa Digunakan

    Rem tangan menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah mobil. Saat rem tangan keras maka ini menjadi sebuah hambatan bagi pengendara. Selain tidak nyaman, kondisi ini juga bisa berbahaya sehingga Anda harus mencari solusi untuk mengatasinya. 

    Penyebab Rem Tangan Keras dan Solusinya

    Kerusakan pada rem tangan ini pasti disebabkan oleh kondisi tertentu. Anda sebaiknya mencari tahu dulu apa penyebabnya baru temukan solusi yang tepat. Berikut akan dibahas penyebab kerasnya rem tangan dan solusi terbaiknya.

    • Ditarik Terlalu Kuat

    Penggunaan rem ini memang ditarik menggunakan tangan. Namun jika cara penarikannya salah maka bisa terjadi kerusakan. Misalnya saat Anda menarik rem tangan ini terlalu kuat.

    Penarikan rem tangan yang terlalu kuat bisa menimbulkan kerusakan di bagian tuas. Jadi sangat disarankan untuk menarik rem tangan sampai batas yang sudah ditentukan saja.

    Anda bisa mendengarkan bunyi klik saat rem tangan ditarik. Cukup sampai disitu, jangan memaksakan penarikan yang lebih kuat lagi. Jika sudah terjadi kerusakan pada tuas sampai membuatnya keras untuk digerakkan maka segera lakukan perbaikan. 

    • Digunakan saat Banjir

    Rem tangan juga bisa mengalami kerusakan jika mobil terendam banjir. Banyak orang yang tinggal di wilayah rawan banjir mengalami masalah tersebut. Saat rem tangan digunakan di area banjir, maka sistem rem harus bekerja lebih keras. 

    Saat mobil terendam banjir, maka rem tangan akan semakin sulit untuk dioperasikan. Jadi sangat disarankan untuk memakai rem pedal saja saat harus berkendara di tengah genangan air. Apalagi jika harus parkir di tempat yang banjir.

    Jika Anda masih memaksa menggunakan rem tangan, maka bisa saja muncul karat. Karat pada rem tangan ini akan membuatnya semakin sulit untuk digerakkan. Jika hal ini sudah terlanjur terjadi maka Anda wajib melakukan perbaikan. 

    • Tidak Bisa Membedakan Rem Transmisi Manual dan Otomatis

    Perlu diketahui bahwa rem tangan pada mobil bertransmisi manual dan otomatis berbeda. Hal ini sangat penting untuk dipahami sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pemakaian rem tersebut. 

    Jika pengendara tidak memahami perbedaan rem tangan transmisi manual dan otomatis, maka pasti asal-asalan saja saat menggunakannya. Akhirnya, rem jadi rusak dan malah keras tidak bisa digerakkan. 

    Pelajari dulu sistem kerja rem tangan lewat buku manual mobil. Cari tahu seperti apa cara kerjanya dan bagaimana langkah pemakaian yang tepat. Dari sini Anda bisa menghindari terjadinya kerusakan rem tangan akibat kesalahan pemakaian. 

    Ciri-Ciri Rem Tangan Rusak