Berita

    Berpengaruhkah? Ini Kelebihan dan Kekurangan Ban Lebar

    Ban mobil lebar semakin populer di kalangan penggemar otomotif karena tampilannya yang menarik dan kinerjanya yang meningkatkan performa. Namun, seperti halnya dengan setiap produk, ada kelebihan dan kekurangan ban mobil lebar yang perlu dipertimbangkan.

    Hal ini penting Anda lakukan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Artikel ini akan membahas dengan lebih rinci tentang nilai plus dan minus ban mobil lebar.

    Kelebihan dan Kekurangan Ban Mobil Lebar 

    Modifikasi eksterior adalah hal yang sering dilakukan oleh penikmat otomotif. Termasuk melakukan penggantian ban mobil menjadi lebih lebar.

    Tentu saja sebelum melakukan penggantian, sebaiknya Anda pahami kelebihan dan kekurangannya. Berikut penjelasannya!

    • Kelebihan Ban Mobil Lebar

    Bicara tentang kelebihan dan kekurangan ban mobil lebar, ada beberapa nilai plus, antara lain adalah sebagai berikut:

    • Tampilan yang Menarik

    Salah satu kelebihan utama dari ban mobil lebar adalah tampilannya yang mencolok dan sporty. Ban lebar memberikan tampilan yang lebih agresif dan gagah pada kendaraan. Sehingga meningkatkan estetika mobil. 

    • Stabilitas yang Lebih Baik

    Ban mobil lebar memiliki cengkraman yang lebih baik pada jalan. Terutama saat bermanuver pada kecepatan tinggi atau saat melewati tikungan tajam. 

    Lebar yang lebih besar dari tapak ban memungkinkan kendaraan untuk tetap stabil pada kecepatan tinggi. Sehingga meningkatkan rasa percaya diri pengemudi dalam mengendalikan mobil.

    • Performa Handling yang Meningkat

    Ban lebar juga memberikan performa handling yang lebih baik daripada ban standar. 

    Lebar yang lebih besar meningkatkan area kontak dengan jalan, sehingga meningkatkan kemampuan kendaraan untuk menangani dan merespons perubahan arah dengan lebih baik. 

    • Traksi yang Lebih Baik

    Ban lebar memiliki traksi yang lebih baik terutama saat berkendara di kondisi jalan basah atau berlumpur. 

    Area yang lebih besar membantu ban mempertahankan cengkeraman lebih kuat pada permukaan jalan. Sehingga mengurangi risiko tergelincir atau kehilangan kendali.

    • Kekurangan Ban Mobil Lebar

    Kelebihan dan kekurangan ban mobil lebar harus bisa jadi pertimbangan Anda. Berikut ini kekurangannya:

    • Harga yang Lebih Tinggi

    Salah satu kekurangan utama dari ban mobil lebar adalah harganya yang lebih tinggi dibandingkan dengan ban standar. 

    Ban lebar cenderung lebih mahal karena konstruksi dan bahan yang digunakan untuk memenuhi permintaan akan kekuatan dan kinerja juga lebih tinggi.

    • Pemakaian Bahan Bakar Lebih Boros

    Biasanya ban jenis ini memiliki resistensi gulungan yang lebih tinggi. Akibatnya, konsumsi bahan bakar juga lebih besar. 

    Lebar yang lebih besar dari tapak ban meningkatkan gesekan dengan jalan. Sehingga membutuhkan lebih banyak tenaga dari mesin untuk menggerakkan kendaraan.

    • Rawan Gesekan Spakbor

    kekurangan ban lebarFreepik.com

    Ban mobil lebar cenderung rawan terkena gesekan. Sebab, ukuran ban melebihi spakbor mobil. Untuk itu, sebaiknya Anda lipat atau gulung bibir spakbor. Dengan begitu, pergerakan pada ban tidak terganggu oleh spakbor.

    • Pengaruh terhadap Sistem Suspensi

    Penggunaan ban lebar dapat mempengaruhi sistem suspensi kendaraan. Terkadang, ban lebar memerlukan modifikasi pada suspensi, termasuk penggantian per satu bagian atau secara keseluruhan. 

    Adapun tujuannya untuk memastikan kinerja optimal dan kenyamanan berkendara.

    • Risiko Aquaplaning

    Ban lebar memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengalami aquaplaning saat berkendara di permukaan jalan yang basah atau berlumpur. 

    Sebab, firksi ban ke aspal lebih cepat hilang. Sehingga lebih cepat pula mobil dalam kehilangan kendali.

    Sebelum mengambil keputusan untuk mengganti ban mobil dengan ukuran yang lebih lebar, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional otomotif. Hal ini untuk mendapatkan saran yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kendaraan Anda.