Berita

    Tips Mudah Membaca Kode Ukuran pada Ban Mobil

    Ketika mengganti ban atau mengisi angin, tentu Anda sering menjumpai kode angka pada pinggiran ban. Angka tersebut bukanlah angka yang tidak memiliki makna, melainkan angka tersebut merupakan kode ukuran untuk ban mobil. Ketika akan mengganti ban Anda harus memilih ukuran ban sesuai dengan velg mobil Anda. 

    Lalu, bagaimana cara membaca ukuran ban mobil tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

    Cara Membaca Kode Ukuran Ban Mobil 

    Kode ini penting sekali dipahami untuk membantu Anda memilih ban yang cocok untuk mobil Anda. Berikut tips membaca kode ban dengan contoh kode 205/55R1691V:

    1.205

    Tiga angka pertama pada kode yaitu 205 merupakan angka ketebalan atau lebar bagian tapak ban kendaraan Anda. Ketebalan ini biasanya diukur dalam satuan ukuran milimeter. Berarti ketebalan dari ban dengan kode tersebut adalah 205 milimeter. 

    2.55

    Berikutnya Anda akan menemukan dua digit angka setelah garis miring yaitu 55. Garis miring ini sendiri adalah pemisah dari angka sebelumnya. 55 sendiri merupakan profil atau rasio antara ketinggian dengan ketebalan ban. Profil ini juga bisa diartikan sebagai jarak antara roda dengan bagian tepi ban. 

    Adapun cara mengetahui ketinggian ban dari angka ini yaitu Anda tinggal mengalikan 55% dengan 205 (angka ketebalan), hasilnya yakni 112,75 milimeter. 

    3.R

    Berikutnya terdapat huruf R. Huruf ini merupakan kode radial atau konstruksi dari ban tersebut. 

    4.16

    Setelah huruf R Anda akan mendapati dua angka yaitu 16. Angka setelah huruf R tersebut merupakan ukuran velg atau diameter bagian ban Anda yang biasanya dalam bentuk satuan ukuran inci. Itu artinya jika diameter velg Anda adalah 16, maka Anda harus mencari ban dengan diameter 16. 

    5.91

    Dua angka berikutnya yaitu 91 merupakan berapa jumlah beban yang dapat ditopang oleh ban tersebut. Untuk kode 91 menunjukkan jika ban tersebut dapat menopang beban paling berat sekitar 600 kg. 

    Beberapa contoh kode dan beban yang bisa ditampung yaitu 62 dapat menampung 265 kg, 70 dapat menampung 335 kg, 75 dapat menampung paling berat 387 kg dan 80 sampai 90 dapat menopang paling banyak 450 sampai 580 kg. 

    6.V

    Kode terakhir yaitu ada huruf yang terletak paling belakang yaitu huruf V. Huruf ini merupakan batas kecepatan yang dapat ditempuh oleh mobil Anda dengan memakai ban ini. Untuk ban dengan huruf V Anda bisa berkendara dengan batas kecepatan maksimal yaitu 240 km per jam.