Berita

    Ketahui Jarak Aman Berkendara Menurut Aturan Yang Berlaku

    Salah satu cara dalam menjaga keselamatan selama berkendara adalah dengan menjaga jarak aman selama membawa kendaraan di jalan.

    Dalam berkendara ada 2 jenis jarak yang wajib diperhatikan oleh para pengemudi kendaraan yaitu jarak aman dan jarak minimal.

    Jarak minimal merupakan jarak yang paling dekat antara mobil Anda dengan mobil didepan dan di belakang. Sedangkan jarak aman termasuk pada batasan jarak selama berkendara demi menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya pada saat musim hujan,

    Hanya saja, saat Anda berkendara baik itu di jalan raya dan di jalan tol, keduanya memiliki perbedaan. 

    Dengan menjaga jarak aman berkendara akan meminimalisir resiko Anda dalam melakukan pengereman yang mendadak dimana tindakan ini dapat mengakibatkan tabrakan yang beruntun.

    Demi keselamatan dan keamanan Anda dalam berkendara, mari simak penjelasan seputar batas jarak aman yang baik dan tepat selama berkendara baik itu di jalan ataupun saat sedang melewati tol.

    Jarak Aman Berkendara Saat di Jalan Raya

    Saat Anda mengendarai mobil di jalan raya, pastikan bahwa jarak minimal dan jarak aman sudah Anda terapkan.

    Apalagi pada perkotaan tingkat mobilitas kendaraan sangat tinggi hingga kemacetan yang parah, bisa membuat Anda pun ingin bisa cepat-cepat tiba dirumah dan akhirnya membuat Anda mengemudi dengan kecepatan yang melebihi batas normal.

    Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menerapkan batas jarak minimal dan jarak aman mengikuti kecepatan mobil yang telah diterapkan, sebagai berikut:

    • 30 km/jam, jarak minimum 15 meter, serta  jarak aman 30 meter
    • 40 km/jam, jarak minimum 20 meter dan jarak aman 40 meter
    • 50 km/jam, jarak minimum 25 meter, serta jarak aman 50 meter
    • 60 km/jam, jarak minimum 40 meter, serta jarak aman 60 meter
    • 70 km/jam, jarak minimum 50 meter, serta jarak aman 70 meter
    • 80 km/jam, jarak minimum 60 meter, serta jarak aman 80 meter
    • 90 km/jam, jarak minimum 70 meter, serta jarak aman 90 meter
    • 100 km/jam, jarak minimum 80 meter, serta jarak aman 100 meter

    Jarak Aman Saat Berkendara Saat di Jalan Tol

    Mengendarai mobil di jalan raya dan di jalan tol tentu memiliki perbedaan baik itu tingkat kemacetan, kendaraan hingga kecepatan.

    Jalan tol selalu menjadi alternatif favorit bagi para pengendara roda empat karena akses jalannya yang bebas hambatan serta batas kecepatannya pun tinggi.