Berita

    Ketahui Fungsi Kunci Shock

    Kunci socket (socket wrench) atau biasa juga disebut sebagai kunci shock adalah salah satu peralatan wajib para mekanik. Hal ini karena kunci socket digunakan untuk bongkar pasang, mengendurkan, hingga mengencangkan mur dan baut yang keras atau sulit diakses.

    Kunci ini memiliki bentuk silinder dan terbuat dari bahan baja tensil tinggi yang dilapisi nikel. Bagian stangnya dapat diganti-ganti atau diperpanjang dengan menambah sambungan shock. Sementara bagian ujungnya memiliki dimensi heksagonal (segi enam).

    Berikut Fungsi Kunci Shock

    Kunci socket mobil biasanya terdiri atas tiga bagian utama, yaitu soket, pegangan (stang), dan perpanjangan (extension bar). Socket adalah bagian yang menempel pada baut atau mur, dan dapat berbentuk segi enam, segi dua belas, atau bulat.

    Stang adalah bagian yang dipegang oleh tangan untuk memutar socket. Sedangkan extension bar digunakan untuk memperpanjang jangkauan agar bisa mencapai baut atau mur. Untuk area sempit dan terbatas, terkadang digunakan sliding t-handle atau universal joint.

    Pada dasarnya, fungsi utama kunci socket adalah untuk melepas, memasang, mengendurkan, serta mengencangkan mur dan baut kendaraan, misalnya pada roda atau shock breaker. Meski demikian, terdapat pula beberapa fungsi lain secara spesifik, antara lain yaitu:

    • Alat Mencengkeram Baut dan Mur

    Bagian ujung socket wrench didesain secara khusus untuk dapat mencengkeram baut dan mur berbentuk heksagonal. Dibanding kunci jenis lain, alat ini memiliki daya cengkram yang lebih baik untuk meminimalisir risiko kunci tergelincir.

    • Alat Menjangkau Baut dan Mur di Area yang Sulit Dicapai

    Dengan menggunakan kunci shock, Anda bisa menjangkau baut atau mur di area yang sempit atau sulit dijangkau dengan alat lain. Untuk menjangkau area yang sulit atau sudut yang sempit, biasanya digunakan universal joint.

    • Bongkar Pasang Baut dan Mur Secara Fleksibel

    Fungsi ketiga atau fungsi utamanya adalah untuk membongkar, memasang, serta mengendurkan dan mengencangkan komponen mur dan baut. Dibanding jenis alat lain, kunci socket lebih fleksibel karena bisa digunakan untuk berbagai baut dan mur.

    Cara Menggunakan Kunci Socket dengan Benar

    Setelah mengetahui fungsinya, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan kunci socket secara baik dan benar agar pekerjaan mekanik lebih efektif. Berikut tips yang bisa diikuti:

    • Pilih Socket Sesuai Ukuran Baut atau Mur