Berita

    Kenali Ciri Rack Steer Yang Rusak dan Komponennya

    Di dalam kendaraan, kaki-kaki merupakan bagian yang harus diperhatikan dengan baik. Jika pengendara melakukan hal-hal yang ngawur, tentu saja akan merusak bagian kaki-kaki, terutama bagian rack steer. 

    Komponen ini memiliki fungsi sebagai penghubung kemudi dengan roda dan suspense yang menjadi bagian kaki-kaki. Komponen ini pada dasarnya mudah rusak, namun sebenarnya cirinya bisa di deteksi sejak dini. 

    Sebenarnya ada berbagai macam penyebab yang membuat komponen ini lekas rusak seperti sering berkendara di jalanan berlubang. Kebiasaan merusak jalan berlubang bisa menimbulkan guncangan besar pada kaki-kaki. Jalanan berlubang ini berimbas pada robeknya bushing dan membuat kotoran mudah masuk. 

    Ciri  Rack Steer Rusak yang Harus Diketahui Pengendara

    Biasanya, kerusakan terjadi pada komponen penghubung steer dengan kaki-kaki mobil. Ketika komponen ini mengalami kerusakan, Anda akan merasa tidak nyaman mengemudi karena kehilangan kendali. 

    Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut berbagai macam ciri kerusakan yang harus diketahui, antara lain:

    1. Steer Terasa Bergetar

    Ciri yang terasa adalah steer yang bergetar ketika membelokkan ke kiri atau ke kanan. Anda dapat mencoba membelokkan steer dengan memutarnya sampai mentok. Biasanya bukan hanya bergetar namun Anda juga akan sulit memutarnya. 

    Rasa bergetar ini bukan hanya ketika dikendarai namun ketika posisi steer mati, bisa menunjukkan ciri yang sama. Sebenarnya, bergetarnya komponen ini karena telah mengalami keausan sehingga kerusakan bisa bertambah parah jika tidak diperbaiki.

            2. Adanya Suara Memekik di Roda

    Sebenarnya suara dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan, lebih-lebih di bagian roda depan. Suara yang memekik atau berdengung bahkan bisa terjadi ketika mobil melaju dalam kecepatan rendah. 

    Kondisi ini biasanya disebabkan karena bushing pada komponen robek sehingga kotoran dan air akan masuk, dan suara akan muncul di bagian roda depan. 

            3. Seal Mengalami Kebocoran

    Ciri rack steer rusak yang lainnya adalah seal mengalami kebocoran. Biasanya, hal ini terjadi pada mobil yang belum menggunakan sistem EPS atau Electronic Power Steering. 

    Ciri ini biasanya membuat rembesan muncul di bagian seal. Untungnya, bila yang terjadi ialah kebocoran, Anda dapat mengatasinya dengan cara mengganti seal, oleh sebab itu ketika melihat kebocoran, hindari menunda perbaikan.