Berita

    Kenali Perawatan Mesin Mobil Hybrid

    Mobil hybrid merupakan salah satu hasil kemajuan industri otomotif. Jenis mobil ini pun sedang menjadi tren di Indonesia. Namun, memiliki mobil ini saja tidak cukup bila Anda tidak mengetahui cara perawatan mesin hybrid yang benar.

    Cara perawatan ini diperlukan agar mobil hybrid Anda bisa memiliki performa yang baik. Selain itu, cara ini juga bisa menjaga agar mesin tetap awet dan tidak mudah rusak. Oleh sebab itu, perhatikan cara-cara tersebut di bawah ini.

    Cara Perawatan Mesin Hybrid

    Mesin hybrid berbeda dengan mesin mobil konvensional pada umumnya sehingga Anda memerlukan cara-cara khusus untuk merawatnya. Berikut cara merawatnya dengan benar.

    • Jangan Mencuci Mesin

    Banyak orang terbiasa mencuci mesin mobil agar tetap bersih. Namun bila Anda mempunyai mobil bermesin hybrid, maka sebaiknya Anda tidak mencucinya. Anda juga tidak boleh menyemprot mesin dengan air bertekanan besar.

    Hal ini disebabkan mesin hybrid memiliki komponen-komponen listrik. Komponen-komponen tersebut bisa mengalami korsleting bahkan rusak bila Anda mencucinya dengan sembarangan.

    Oleh sebab itu, Anda hanya perlu mengelap bagian mesin dengan lap setengah basah. Setelah itu, basuhlah bagian mesin yang kotor dengan hati-hati.

    • Merawat Filter Kipas

    Mesin hybrid memiliki filter kipas yang digunakan untuk mendinginkan baterai. Oleh sebab itu, rawatlah bagian tersebut dengan benar. Caranya adalah dengan mengeluarkan kipas di bagian baterai lalu dibersihkan.

    Selain itu, gantilah filter minimal enam bulan sekali atau 10.000 kilometer. Bila diperlukan, Anda juga bisa mengganti filter ketika sudah sangat kotor. Harganya pun juga sangat terjangkau, yakni hanya sekitar Rp 60 ribu

    • Merawat Sistem Pendingin

    Selain memiliki filter kipas, mesin hybrid juga mempunyai sistem pendingin. Oleh sebab itu, cara perawatan mesin hybrid selanjutnya adalah mengecek air radiator secara berkala agar sistem pendingin dapat berjalan dengan optimal dan mesin tidak mengalami overheat.

    Di samping itu, Anda juga harus memeriksa komponen-komponen lain yang berhubungan sistem pendingin, seperti water pump, selang radiator, elay, extra fan serta dinamo, dan lain sebagainya.

    • Merawat Baterai

    Baterai adalah komponen penting bagi mesin hybrid sehingga Anda harus merawatnya. Mungkin bila Anda membeli baru mobil hybrid, Anda tidak perlu terlalu memikirkannya. Namun bila Anda membeli mobil bekas, maka Anda harus mengeceknya.