Berita

    Featured Image

    Kesalahan Umum Saat Mengendarai SUV dan Bagaimana Menghindarinya

    Mobil SUV merupakan salah satu jenis mobil yang memiliki cukup banyak penggemar. Tidak hanya didukung oleh desainnya yang menarik, jenis mobil ini juga memiliki performa yang luar biasa.

    Meskipun menawarkan keunggulan-keunggulan tersebut, namun sebagian orang masih sering melakukan kesalahan saat berkendara dengan menggunakan mobil tipe SUV ini. Apa saja tipe kesalahan yang sering dilakukan pengguna SUV? Simak pembahasannya berikut ini.

    Karakteristik Mobil SUV

    Sport Utility Vehicle (SUV) merupakan salah satu jenis mobil yang tergolong sebagai mobil sport. Dengan desainnya yang terlihat sedikit lebih gagah, mobil tipe SUV ini akan cocok digunakan untuk melaju di jalanan perkotaan hingga jalanan yang medannya berat.

    Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pengemudi mobil jenis SUV, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang karakteristiknya agar lebih paham.

    Karakteristik atau ciri khas yang dimiliki oleh mobil tipe SUV antara lain ialah sebagai berikut.

    • Memiliki Bodi Mobil yang Besar

    Mobil jenis SUV terkenal dengan karakteristiknya yang memiliki bodi besar. Hal ini tentunya mendukung fungsi dari mobil ini yang bisa digunakan di berbagai tipe medan permukaan jalan.

    • Ground Clearance

    Karakteristik kedua dari mobil jenis SUV yaitu memiliki ground clearance.  Mobil dengan ground clearance tinggi akan menguntungkan karena cenderung lebih aman jika digunakan melewati jalanan bebatuan maupun jalanan ekstrem di sekitar pegunungan.

    • Diameter Ban Besar

    Diameter ban yang besar juga menjadi ciri-ciri berikutnya yang dimiliki oleh sebuah mobil tipe SUV. Umumnya ban dari mobil jenis ini memiliki ukuran sekitar 15 inci hingga 17 inci.

    • Memiliki Kabin yang Luas

    Bodi mobil yang besar dilengkapi juga dengan ukuran kabin yang besar. Mobil SUV ini memiliki kabin penumpang luas yang tentunya akan semakin memberikan kenyamanan para penggunanya.

    • Suspensinya Tangguh

    Sistem suspensi yang dimiliki oleh mobil tipe SUV terkenal tangguh. Dengan keunggulan ini, maka pengemudi dan juga penumpang akan merasa lebih nyaman karena sistem suspensi pada mobil menjalankan fungsinya dengan sangat baik dalam meredam getaran.

    4 Kesalahan Umum saat Mengendarai Mobil SUV

    Setelah memahami karakteristik dari mobil tipe SUV, pada poin ini akan dibahas mengenai beberapa macam kesalahan yang sering kali dilakukan oleh pengendara jenis mobil ini. Kesalahan-kesalahan yang dimaksud antara lain yaitu:

    • Kesulitan Melakukan Manuver

    Dengan ukuran bodi yang besar, hal ini tentunya bisa menyebabkan para pengendara mengalami kesulitan sama bermanuver, terlebih jika melewati jalanan yang sempit.

    Permasalahan ini tentunya membuat pengendara menjadi sulit melakukan gerakan yang tepat atau presisi. Saat melewati gang sempit, tidak jarang kondisi ini membuat jalanan menjadi macet.

    Untuk itu agar bisa berkendara dengan nyaman menggunakan mobil tipe SUV, pastikan Anda menguasai cara mengendarai jenis mobil ini terlebih dahulu.

    • Tidak Melengkapi dengan Kamera

    Ukuran mobil jenis SUV yang tinggi membuat visibilitas area belakang terbatas. Untuk itu supaya bisa melihat situasi jalan belakang dengan leluasa, Anda perlu melengkapi kendaraan Anda dengan kamera agar lebih terbantu melihat jalan di belakang.

    • Kesalahan Memilih Tempat Parkir

    Masih berhubungan dengan ukuran bodi mobil yang besar, tidak jarang pengemudi yang membawa mobil tipe SUV ini mengalami kesulitan saat hendak parkir di tempat yang terbatas.

    Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda perlu pintar-pintar dalam mencari tempat parkir. Supaya terhindar dari goresan, maka sebaiknya Anda memarkirkan kendaraan di ruang yang lebih luas.

    • Melaju dengan Kecepatan Tinggi

    Memiliki performa mesin yang juara bukan berarti Anda bisa bebas mengendarai mobil dengan kecepatan yang tinggi. 

    Pastikan Anda menyesuaikan kecepatan mobil dengan kondisi jalan dan juga bahan bakar. Pasalnya mobil tipe SUV ini cenderung mengonsumsi bahan bakar yang boros.

    Nah itulah pembahasan terkait kesalahan-kesalahan yang sering kali dilakukan oleh para pengendara mobil jenis SUV.