Berita

    Featured Image

    Ketahui 5 Penyebab Mobil Terbakar

    Munculnya berita mobil terbakar di jalan raya sebenarnya bukanlah isapan jempol belaka. Mobil dapat mengalami kebakaran karena berbagai macam faktor. Kecelakaan ini tentu saja harus diwaspadai oleh pengemudi. 

    Sebenarnya, bila pengemudi sudah mengetahui penyebab mobil bisa terbakar, hal ini akan memudahkan Anda melakukan pencegahan lebih dini. Dengan melakukan pencegahan, penumpang akan tetap selamat dan aman. 

    Penyebab Mobil Terbakar

    Sebagai pemilik kendaraan dan pengemudi, penting untuk mengenali penyebab mobil dapat terbakar. Berikut berbagai penyebabnya, antara lain:

            1. Mesin Mengalami Overheat

    Penyebab mobil dapat terbakar yang umum terjadi adalah suhu kendaraan berada di atas rata-rata atau overheat. Overheat adalah kondisi suhu mesin menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan ukuran normal yang dimilikinya. 

    Bila umumnya suhu kerja mesin 60 hingga 95 derajat celcius, saat overheat suhu yang dimilikinya bisa lebih tinggi. Pada dasarnya mesin kendaraan telah dirancang dapat mengatur suhu sehingga kondisi panas dari luar tidak akan membuat mobil overheat

    Tetapi, jika terdapat masalah di beberapa komponen, overheat dapat terjadi. Suhu ekstrem yang berada di mobil dicemaskan bisa menimbulkan percikan api di ruang mesin, akhirnya api semakin melebar dan menyebabkan kebakaran di semua mesin. 

            2. Bahan Bakar Mengalami Kebocoran

    Bocornya bahan bakar juga membuat biang masalah mobil terbakar. Hal ini disebabkan karena sifat bahan bakar yang sangat mudah terbakar. Oleh sebab itu, pastikan penutup lubang atau bagian sisi manapun di bensin atau oli tidak mengalami kebocoran. 

    Kebocoran atau cipratan di bensin dan oli bisa sangat membahayakan. Lebih-lebih bila bertemu api. 

            3. Rusaknya Aliran Listrik Pada Mobil

    Penyebab lain mobil yang terbakar adalah rusaknya aliran listrik. Masalah ini juga dapat menjadi penyebab mobil tiba-tiba terbakar ketika sedang dikendarai atau parkir. Kerusakan aliran listrik yang terjadi pada mobil berpotensi membuat timbunan gas hidrogen di mesin terdalam muncul. 

    Gas inilah yang akan memicu mobil langsung terbakar. Seperti yang kita ketahui, sistem kelistrikan kendaraan tersebar di seluruh bagian mobil, sehingga jika terdapat bagian listrik mengalami kerusakan, kebakaran mobil dapat terjadi.