Berita

    Ketahui Cara Mencuci Ruang Mesin Mobil dengan Tepat

    Sekalipun ruang mesin menjadi bagian yang selalu tertutup, namun nyatanya ruang mesin ini tidak luput dari terpapar debu dan juga kotoran. Itu mengapa, mencuci ruang mesin mobil perlu Anda lakukan secara rutin. 

    Tidak sedikit orang yang memilih untuk mencuci mesin mobil dengan cara menyemprotkan air bertekanan tinggi. Nyatanya cara satu ini tidak benar untuk dilakukan karena berisiko merusak mesin mobil hingga berpengaruh pada sistem kelistrikan yang ada. 

    Untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan ruang mesin mobil dengan benar, baca artikel berikut ini terlebih dahulu!

    Cara Tepat Mencuci Ruang Mesin Mobil

    Jika menyemprotkan air ke mesin mobil tidak diperbolehkan, lalu bagaimana cara membersihkan mesin mobil yang tepat? Berikut penjelasannya!

    • Pilih Lokasi yang Tidak Terkena Sinar Matahari Langsung

    Jika Anda hendak membersihkan mesin mobil, pastikan untuk memilih lokasi yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Anda bisa melakukannya di garasi yang tertutup. 

    Alasan mencuci mesin mobil tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Sebab, pada bagian dalam mesin terdapat bagian berbahan karet dan plastik sehingga dapat berisiko rapuh apabila terkena air dan sinar matahari secara bersamaan.

    • Memastikan Mesin dalam Kondisi Dingin

    Pastikan bahwa mesin dalam kondisi dingin ketika hendak dicuci atau dibersihkan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda ketika membersihkannya dan juga menghindari sisa arus listrik yang masih tersisa untuk menghindari risiko tersetrum.

    • Ketahui Bagian yang Berarus Listrik

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa terdapat beberapa bagian mesin yang dialiri arus listrik sehingga Anda perlu lebih ekstra hati-hati saat membersihkannya. 

    Maka dari itu, hindari untuk mencuci ruang mesin mobil dengan air di bagian yang dialiri listrik untuk mencegah terjadinya korsleting pada mesin. 

    • Bersihkan Debu dan Kotoran

    Anda dapat mulai melakukan pencucian ruang mesin dengan membersihkan debu dan kotoran ringan yang ada pada mesin mobil. 

    Penggunaan kuas kering berbulu halus sangat direkomendasikan disini. Dengan begitu akan memudahkan Anda membersihkannya hingga ke sela-sela. 

    • Bersihkan Kap Mesin Bagian Bawah

    Selain membersihkan bagian utama mesin, Anda juga perlu membersihkan bagian bawah kap mesin terlebih dahulu, barulah Anda membersihkan bagian utama mesinnya. 

    Anda dapat menggunakan cairan pembersih serbaguna untuk membersihkan bagian ini dan pastikan lap kembali hingga kering. 

    • Menggunakan Steamer

    Anda juga perlu fokus pada bagian-bagian dengan permukaan yang besar dan mudah untuk dijangkau terlebih dahulu. 

    Sedangkan untuk bagian-bagian yang sulit untuk dijangkau, Anda dapat menggunakan steamer dengan lubang yang kecil agar air tidak menyebar ke area lain. 

    • Mengeringkan Bagian yang Sudah Dibersihkan

    Setelah Anda selesai membersihkannya, selanjutnya Anda perlu mengeringkannya. Hal ini untuk menghindari risiko munculnya karat pada komponen mesin. 

    Mengeringkan Bagian yang Sudah DibersihkanPexels.com

    Anda dapat menggunakan lap microfiber atau chamois.

    • Mengecek Kembali Sisa Sabun 

    Setelah Anda selesai mengeringkan bagian-bagian mesin yang sudah dibersihkan, pastikan Anda mengecek kembali bagian-bagian mesin yang masih basah maupun yang terkena sabun. Pastikan tidak ada bagian yang terlewat. 

    • Coba Nyalakan Mesin

    Untuk membantu proses pengeringan, Anda juga dapat mencoba menyalakan mesin untuk menghangatkan bagian-bagian yang masih lembab. Pastikan untuk membuka kap mesin sehingga sisa-sisa air yang masih ada dapat menguap dengan mudah. 

    Itulah beberapa tips dalam mencuci ruang mesin mobil yang baik dan benar. Apabila Anda mendapati mesin mobil terasa aneh setelah dicuci, Anda dapat membawa mobil ke bengkel yang terpercaya.