Berita

    Ketahui Cara Mengendarai Mobil Matic yang Mudah Bagi Pemula

    Mungkin Anda sering mendengar anggapan jika mengendarai mobil matic jauh lebih mudah dibandingkan dengan mengendarai mobil manual. Meskipun anggapan tersebut benar, tetapi bukan berarti mengendarai mobil matic tidak memerlukan keahlian. Mengendarai mobil matic bagi pemula juga harus diperhatikan dengan baik. 

    Agar mobil tetap awet, pengendara harus mengendarainya dengan benar. Lantas, bagaimana cara mengendarai mobil ini dengan tepat?

    Cara Mengendarai Mobil Matic Bagi Pemula

    Berikut langkah mengendarai mobil matic untuk pemula, antara lain:

            1. Pahami Fungsi Gigi Mobil Matic

    Pada mobil matic, sparepart menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Biasanya, pengaturan seperti P, D, R, N, dan M ada pada mobil matic. Sebelum mengendarai, pastikan sudah memahami fungsi transmisi tuas tersebut sehingga dapat mengendarai dengan aman. 

    Tidak hanya itu, pemahaman tersebut juga berguna agar nantinya tidak terjadi kesalahan ketika pemindahan gigi transmisi. 

            2. Gunakan Mode Berkendara

    Sejumlah mobil matic terkini juga memiliki fitur mode berkendara. Pilih mode yang tepat, contohnya seperti riding mode, mode berkendara ini cocok untuk Anda yang ingin berkendara dengan santai ketika mengemudikan kendaraan. 

    Namun, bila Anda ingin mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi, Anda dapat menggunakan mode sport, riding mode akan menjadikan performa mobil menjadi semakin maksimal. 

            3. Perhatikan Tuas Transmisi dengan Baik

    Selain memperhatikan mode berkendara, pastikan memperhatikan tuas transmisi di posisi yang sudah tepat. sebelum menggunakan mobil, posisi persneling ada di posisi P atau N. jangan sampai saat menghidupkan mobil, posisi persneling ada di posisis huruf R, karena posisi ini berarti mobil akan langsung mundur saat digerakkan. 

    Umumnya, mobil matic hanya dapat hidupkan ketika posisi persneling ada di posisi N atau P. Sehingga, pastikan memperhatikan posisi tuas persneling dengan baik. 

            4. Jangan Langsung Menghidupkan Mesin

    Ketika memasukkan kunci mobil ke lubangnya, pastikan tidak langsung menyalakan mesin mobil. tetapi, tunggu hingga jarum berputar serta seluruh indikator mobil sudah menyala atau aktif. 

    Umumnya, pada sejumlah mobil matic, suara akan menjadi tanda jika mobil sudah menyala serta kelistrikan pada mobil ada dalam keadaan hidup. Jika semua indikator sudah aktif, Anda bisa menyalakan kendaraan.