Berita

    Ketahui Cara Menyalip di Tikungan yang Aman

    Sebenarnya menyalip di tikungan sangat tidak disarankan, karena beresiko menimbulkan kecelakaan. Coba saja perhatikan marka jalan. Bila terdapat garis putih putus-putus, berarti kendaraan boleh mendahului kendaraan yang lain. 

    Sedangkan jika garisnya putih dan tidak terputus, berarti kendaraan dianjurkan untuk tetap berada di lajur sendiri. Tidak diperbolehkan untuk menyalip kendaraan yang lain. Marka ini biasanya ada di jalanan yang berbelok atau tikungan-tikungan tajam. 

    Namun terkadang ada kondisi yang membuat pengemudi terpaksa menyalip kendaraan lain saat berada di tikungan. Misalnya karena kendaraan di depan melaju terlalu lambat. Atau ada kendaraan yang membuat konsentrasi pengemudi jadi terganggu. 

    Cara Menyalip di Tikungan dengan Aman 

    Setiap kali hendak menyalip kendaraan lain baik itu motor atau mobil, Anda harus berhati-hati. Terlebih jika Anda ingin menyalip di jalanan yang berbelok, harus ekstra hati-hati. Berikut ini cara aman mendahului kendaraan saat berada di tikungan:

    • Hindari Menyalip di Lajur Kiri

    Entah itu di tikungan atau jalan yang luru, menyalip kendaraan lewat lajur kiri adalah tindakan yang tidak tepat. Karena lajur kiri dikhususkan untuk kendaraan yang bergerak lambat. 

    Selain itu menyalip dari sebelah kiri bisa membahayakan pengguna jalan yang lain. Karena di kiri bahu jalan biasa digunakan untuk pejalan kaki dan pesepeda. Jalur kiri juga dipakai oleh mobil yang hendak parkir. 

    • Menyalakan Lampu Sein

    Nyalakan lampu sein sebelah kanan untuk memberitahu kendaraan di belakang dan depan mobil, bahwa Anda berencana untuk menyalip. Tapi, jika kendaraan yang ada di depan menyalakan juga lampu sein kanan, maka tahan dulu. 

    Karena lampu tersebut bisa jadi isyarat ke mobil Anda, bahwa ada kendaraan lain dari arah berlawanan. Bisa juga karena mobil berencana untuk belok atau menyalip kendaraan di depannya. 

    • Memastikan Jarak Aman Kendaraan 

    Ketika menyalip di jalanan menikung, pastikan jarak antara mobil Anda dengan kendaraan di depan cukup aman. Untuk menghindari resiko tubrukan. Hal ini cukup sulit karena Anda harus memandang jauh ke depan.

    Jika tikungan jalan terlalu tajam, hingga membuat Anda tidak bisa melihat kendaraan lain dari arah berlawanan. Sebaiknya urungkan niat Anda untuk menyalip, karena terlalu berbahaya.

    Selain itu pastikan ada ruang yang cukup untuk kembali ke lajur kiri, setelah Anda mendahului kendaraan di depan.  

    • Lihat Kaca Spion