Berita

    Ketahui Penyebab Tegangan Aki Mobil Turun

    Aki atau baterai mobil merupakan komponen yang sangat penting karena alat ini digunakan untuk menyimpan dan menyuplai listrik pada komponen lain. Saat tegangan aki mobil turun, maka berbagai komponen lain pada kendaraan pasti bisa terpengaruh. 

    Anda perlu mencari tahu apa yang menjadi penyebab tegangan aki mobil menurun dengan memeriksa beberapa bagiannya. Jika rusak, maka aki sebagai pemberi energi ke mesin, tidak bisa menggerakkan mobil.

    Oleh karena itu, sangat normal jika indikator aki berubah-ubah saat Anda mengemudi jika aki mobil bermasalah.

    9 Alasan Mengapa Tegangan Aki Mobil Turun dalam Semalam

    Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa tegangan aki mobil turun di malam hari? Terdapat beberapa penyebab tegangan aki turun dengan cepat, terutama pada mobil. Mulai dari membiarkan mobil yang menyala terlalu lama hingga usia aki yang sudah tua. Mari simak masing-masing penjelasannya di bawah ini.

            1. Sengaja Membiarkan Kunci Kontak Mobil Menyala

    Aki mungkin kehilangan banyak daya jika sistem pengapian di mobil Anda dibiarkan menyala semalaman. Lampu yang menyala dapat dengan cepat menggunakan semua listrik.

            2. Sambungan Listrik Tertinggal

    Ada beberapa sambungan listrik di mobil yang mungkin tidak sengaja ditinggalkan. Ini termasuk pencahayaan kubah bagian dalam dan radio mobil. Saat dibiarkan menyala atau bahkan dimatikan, komponen-komponen ini dapat menghabiskan banyak listrik.

            3. Aki Sering Kosong Sendiri

    Aki sering kali memiliki kemampuan untuk melakukan pengosongan sendiri meskipun tidak ada peralatan yang terhubung. Aki basah yang dibiarkan kosong bisa berbahaya karena membuat umur aki menjadi lebih singkat. Maka dari itu tegangan aki mobil turun dan harus segera diperbaiki.

            4. Terminal Aki Memiliki Sambungan yang Buruk

    Aki yang tidak tersambung dengan benar pada terminal dapat menghalangi pengisian daya aki. Anda mungkin tidak memiliki energi yang cukup untuk menyalakan mobil di pagi hari karena aki yang terputus mengisi daya dengan lambat.

            5. Intensitas Berkendara Tinggi

    Mobil yang sering digunakan membutuhkan baterai atau aki yang cukup besar pula. Maka dari itu hal ini bisa menyebabkan tegangan aki di mobil Anda menurun cukup cepat.

    Penggunaan aki mobil yang berlebihan, seperti perjalanan jauh tanpa berhenti, tanjakan, hingga lupa mematikan mesin akan menyebabkan aki cepat rusak. Aki yang rusak ini harus segera Anda ganti atau konsultasikan dengan dealer terpercaya Anda untuk pembenahan maksimal.