Berita

    Mengenal Peredam Suara Mobil dan Kegunaannya

    Suara bising kendaraan dan suara klakson di luar mobil kerap mengganggu kenyamanan saat berkendara. Untuk mengatasi hal tersebut maka Anda bisa menggunakan peredam suara mobil. Lalu, apa itu peredam suara dan apa saja kegunaannya?

    Penggunaan peredam suara pada mobil adalah solusi yang tepat untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. Sebelum Anda memutuskan untuk memasang peredam, sebaiknya ketahui kelebihan dan kekurangan memasang peredam berikut ini.

    Mengenal Peredam Suara Mobil

    Peredam suara pada mobil adalah komponen yang dipasang pada beberapa bagian mobil untuk meredam atau mengurangi suara bising di luar mobil supaya tidak terdengar dari dalam kabin. 

    Ketika suara berisik yang berlebihan berkurang maka pengemudi akan lebih fokus saat mengemudi dan penumpang juga merasa lebih nyaman selama berkendara. 

    Seperti namanya, fungsi dari komponen ini tentu untuk menyerap dan meminimalisir suara, getaran maupun gesekan baik dari luar maupun dalam mobil. Peredam ini bahkan juga bisa mengurangi suara berisik hujan di luar mobil.

    Mengenai pemasangan, peredam sendiri biasanya dipasang di area pintu mobil, dashboard, dan plafon mobil.

    Kelebihan Memasang Peredam Suara

    Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan memasang peredam suara di mobil Anda. 

    Yang pertama, suara audio di dalam mobil akan terdengar lebih jelas karena suara berisik dari luar sudah teredam. Anda bisa lebih puas dalam mendengarkan lagu atau radio dari dalam mobil.

    Saat berkendara suara berisik di luar mobil atau dari getaran mobil sendiri bisa menyebabkan penumpang merasa stres di dalam mobil. Penggunaan peredam mobil bisa mengurangi suara dan getaran dengan baik sehingga berkendara terasa lebih nyaman. 

    Selain mengurangi suara dan getaran mobil, peredam juga bisa mengurangi suara ban yang bergesekan dengan aspal. Hasilnya suara ban pun menjadi terdengar lebih halus. 

    Kelemahan Peredam Suara Mobil

    Disamping memiliki banyak keuntungan, pemasangan peredam suara yang berlebihan juga memiliki sejumlah kekurangan. Kekurangan pertama yaitu Anda akan lebih sulit mendengar suara klakson di luar mobil.

    Kondisi tersebut tentu bisa berbahaya terutama jika suara klakson dibunyikan sebagai tanda isyarat untuk mendahului dan isyarat penting lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya pasang peredam dalam jumlah yang wajar dan di lokasi yang tepat.

    Kekurangan lainnya yaitu memasang peredam juga akan menambah bobot mobil sehingga lebih berat. Akibatnya, mobil menjadi kurang responsif terutama jika Anda berkendara dengan kecepatan tinggi. 

    Bagi Anda yang ingin memasang peredam, sebaiknya memasang peredam dalam jumlah yang wajar yaitu sekitar 5 pada pintu dan 2 pada area lantai mobil. Pastikan Anda juga masih bisa mendengar sedikit suara dari luar mobil. 

    Kemudian jangan lupa untuk memilih peredam yang memiliki bobot ringan sehingga tidak menambah beban mobil. Ada beberapa jenis bahan peredam yang bisa Anda pilih yaitu busa, aspal, dan jelly.

    Meski ringan namun bahan busa kurang dapat menahan panas dengan baik ketika diletakkan di kap mobil. Bahan jelly lebih direkomendasikan karena selain ringan juga bisa meredam pegas dengan baik. 

    Jadi, peredam suara mobil adalah komponen yang berfungsi untuk meredam suara berisik baik dari luar maupun dalam mobil. Dengan adanya peredam maka audio di dalam mobil akan terdengar lebih baik dan berkendara akan terasa lebih nyaman.