Berita

    Penyebab Velg Mobil Tiba-Tiba Retak

    Mengingat kondisi jalanan di Indonesia yang tidak mulus, tak heran jika velg retak secara tiba-tiba. Namun ternyata penyebab keretakan tersebut tidak hanya karena faktor jalanan saja, melainkan ada faktor lain yang bisa membuatnya menjadi retak.

    Sebenarnya, faktor apa saja yang bisa membuat velg pada mobil menjadi retak? Ketahui jawabannya dalam pembahasan berikut!

    7 Hal yang Membuat Velg Retak secara Tiba-Tiba

    Velg yang telah rusak atau retak sulit untuk diperbaiki. Meskipun berhasil, biasanya kekuatan dari velg tersebut tidak bisa kembali seperti semula. 

    Itu sebabnya, sangat disarankan untuk mengenali faktor penyebabnya agar bisa dilakukan upaya pencegahan. Berikut hal-hal yang bisa membuat velg mobil menjadi retak:

    • Usia Pemakaian

    Hal pertama yang berpotensi menyebabkan velg retak adalah dari faktor usia pemakaian. Seperti komponen lainnya, velg mobil juga mempunyai jangka waktu pemakaian. 

    Seiring dengan berjalannya usia pemakaian, maka performa velg pun akan menurun baik secara kualitas maupun ketahanan. 

    Apabila usia velg sudah tua sedangkan kendaraan sering membawa beban secara berlebihan atau kerap terkena guncangan yang keras. Maka, besar kemungkinan komponen ini akan mengalami retak. 

    • Kualitas Bahan

    Hal kedua adalah dari kualitas bahan dasar pembuatan velg yang sangat memengaruhi performanya. 

    Misalnya, bahan dasar yang digunakan adalah baja berkualitas rendah. Velg dengan bahan dasar tersebut berpotensi membuat bagian palang velg menjadi mudah retak. 

    • Beban secara Berlebihan

    Hal ketiga yang akan membuat velg menjadi mudah retak adalah dari kebiasaan pengendara yang memuat beban baik barang maupun penumpang secara berlebihan. Padahal, beban yang berlebihan tersebut akan menjalar ke bagian velg mobil. 

    Velg Mobil Tiba-Tiba RetakFreepik.com

    Itu sebabnya, tidak dianjurkan bagi pengemudi untuk mengangkut penumpang atau beban lebih dari kapasitas maksimum yang dianjurkan. 

    • Kondisi Jalan

    Kondisi keempat yang membuat velg retak secara tiba-tiba adalah karena kondisi jalan yang dilaluinya. Pertama, terdapat lubang yang ada di sepanjang jalan baik itu di daerah pedesaan, perkotaan, dan bahkan di jalan tol pun ada. 

    Kedua, terdapat gundukan di jalan yang dilalui dengan kecepatan tinggi. Biasanya, gundukan ini terjadi akibat jalan yang merekah (retak) sehingga menyembul ke atas atau dari sisa-sisa semen yang berasal dari perbaikan jalan. 

    Ketika melintasi atau menerjang gundukan tersebut, maka besar kemungkinan akan terjadi benturan yang sangat keras. Pada dasarnya, berapapun harga velg mobil jika sering menghantam lubang atau gundukan pasti akan rusak juga. 

    • Pembatas Jalan 

    Selain gundukan dan lubang, pembatas jalan atau trotoar juga menjadi penyebab terjadinya keretakan pada velg mobil. Biasanya, ini terjadi pada pengemudi yang kurang awas terhadap batas maksimal sisi samping ban. 

    Akibatnya, pengemudi terlalu rapat atau bahkan hingga menyentuh pembatas jalan (trotoar) ketika akan parkir dengan posisi paralel. 

    • Kondisi Ban

    Hal berikutnya yang membuat velg mobil menjadi retak adalah dari kondisi ban yang kurang bagus. Sebab, ketika kondisinya tidak dijaga dengan baik bisa berdampak pada velg mobil. 

    Selain itu, profil ban yang tidak sesuai dengan aturan pabrik juga tidak bisa melindungi velg dari terjadinya benturan. Misalnya, menggunakan ban mobil yang terlalu tipis sedangkan velg diganti dengan ukuran yang lebih besar. 

    • Tekanan Udara

    Hal terakhir yang menyebabkan keretakan pada velg mobil adalah dari tekanan udara pada ban yang tidak sesuai. Misalnya, ban yang tekanan udaranya kurang (kempes) akan membuat velg mudah retak. 

    Sebab, ban yang kempes tersebut ketika membentur trotoar, gundukan, maupun lubang secara keras akan membuat velg menjadi rusak.  

    Itulah ketujuh hal yang bisa membuat velg mudah menjadi retak. Apabila terlanjur retak, sebaiknya segera bawa ke bengkel agar diperiksa dan diperbaiki sehingga tidak menimbulkan masalah yang bisa membahayakan keselamatan Anda saat berkendara.