Berita

    Featured Image

    Sama-sama Keren, Perbedaan Sedan dan Hatchback

    Mengetahui perbedaan sedan dan hatchback akan membantu Anda memilih tipe mobil paling ideal sesuai kebutuhan dan gaya hidup. Meskipun banyak yang mengira keduanya serupa, namun terdapat sejumlah faktor yang membedakan sedan serta hatchback

    Perbedaan tersebut menyangkut faktor seperti fungsional hingga desain mobil. Maka dari itu, mari segera masuk ke pembahasan mengenai perbedaan antara sedan dan juga hatchback di bawah ini.

    6 Perbedaan Sedan dan Hatchback yang Menarik untuk Diulas

    Mulai dari kapasitas, desain, hingga stabilitas, berikut berbagai perbedaan yang terdapat pada sedan dan hatchback.

    • Desain serta Gaya

    Desain dan gaya mobil sedan dan hatchback cukup jelas perbedaannya. Untuk mobil sedan, kesannya elegan dengan bentuk lebih panjang dan atap tetap yang cenderung lurus sampai bagian belakangnya. Kesan sedan cenderung anggun, mewah, dan formal.

    Sementara itu, desain dan gaya mobil hatchback cenderung kasual hingga sporty. Bentuk mobil ini lebih compact, tegas, dan ditargetkan bagi anak muda yang aktif.

    Ini terbukti dari sebagian besar pengguna hatchback yang berasal dari kategori mahasiswa hingga pasangan muda.

    • Kapasitas dan Ruang Kabin

    Faktor kapasitas serta ruang kabin jadi pertimbangan yang cukup penting bagi sebagian orang. Sebab, ini memudahkan dan menunjang kegiatan mereka sehari-hari. 

    Kapasitas bagasi pada sedan memang lebih luas. Namun, konfigurasi kabin milik hatchback sangat fleksibel sehingga dapat ditempat macam-macam jenis barang. Maka dari itu, hatchback lebih unggul bila membicarakan kapasitas.

    Hal tersebut melihat dimensi barang yang muat di bagasi hatchback. Mulai dari kursi, sepeda lipat, hingga lemari. Ini menjadikan hatchback sebagai mobil yang akomodatif terutama ketika harus membawa muatan cukup banyak. 

    • Penghematan Bahan Bakar

    Selanjutnya, perbedaan dapat Anda lihat dari penghematan bahan bakar. Ternyata, perbedaan yang satu ini tidak terlalu signifikan. 

    Meskipun sedan dan hatchback berbeda dari segi dimensi serta berat, namun kondisi tersebut tidak berpengaruh pada pemakaian bahan bakar. Konsumsi bahan bakar tidak berbeda jauh dan keduanya terbilang masih irit serta efisien. 

    • Parkir dan Manuver

    Perbedaan sedan dan hatchback yang satu ini cukup penting dibahas untuk mengetahui kenyamanan operasional mobil secara keseluruhan.

    Mengingat bentuknya yang panjang, sedan cenderung membutuhkan ruang lebih banyak untuk parkir. Sementara itu, mobil hatchback cenderung lebih praktis karena ukurannya yang lebih kecil. 

    Hatchback pun lebih mudah dioperasikan untuk bermanuver dalam perkotaan yang padat. Bentuk mobil yang kecil tersebut memudahkan hatchback mendapatkan area parkir pada berbagai lokasi.

    • Akses Bagasi

    Mobil sedan dan juga hatchback sama-sama punya pintu belakang yang bisa membuka area bagasi. Namun, sedan memiliki bagasinya sendiri. 

    Sedangkan, bagasi hatchback menyatu dengan area mobil lainnya sehingga memudahkan pengambilan dan peletakkan barang.  

    • Harga Mobil

    Rentang harga sedan sangat lebar, yakni ratusan juta hingga miliaran rupiah. Harga juga memengaruhi ketersediaan pilihan, keselamatan, fitur, hingga kenyamanan. Adapun untuk hatchback, rentang harganya tidak seluas sedan. 

    Hal tersebut membuat berbagai versi hatchback tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh dari segi fitur sampai dengan fasilitasnya. Terlebih pada mobil dengan rentang usia tidak terpaut jauh.

    Bila membandingkannya pada rentang harga yang sama, maka hatchback lebih untung dengan segala keunggulannya daripada sedan. 

    Enam perbedaan sedan dan hatchback tersebut bisa Anda jadikan pertimbangan saat bingung harus membeli mobil yang mana. Bila tertarik dengan artikel otomotif lainnya, kunjungi halaman home dari website berikut http://indomobilsuzukidealer.co.id.