Berita

    Simak Fungsi Stabilizer Link Pada Mobil

    Pada bagian bawah mobil terdapat batang stabilizer yang menghubungkan roda. Alat ini berfungsi untuk menjaga mobil tetap stabil saat melaju. Ketika stabilizer rusak, umumnya sumber kerusakan ada pada stabilizer link yang sudah aus. 

    Sedangkan batang stabilizer yang terbuat dari campuran logam, sangat kuat dan tidak akan mudah rusak. Hal yang mungkin bisa membuat batang besi ini rusak adalah benturan keras atau tabrakan akibat kecelakaan.

    Link pada stabilizer juga cukup kuat dan tidak mudah patah. Penyebab kerusakan link stabilizer biasanya karena usia pemakaian yang cukup lama. Ketika komponen ini rusak Anda harus segera menggantinya, karena akan mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara.

    Fungsi Stabilizer Link Pada Mobil 

    Link stabilizer adalah komponen yang terletak di ujung batang stabilizer. Menyambungkan suspensi dengan batang stabilizer. Benda berupa logam panjang ini memiliki peranan penting dalam kerja stabilizer. Berikut ini fungsi link stabilizer yang ada di dekat roda mobil:

    • Menghubungkan Batang Stabilizer dengan Suspensi

    Fungsi pertama link stabilizer adalah menghubungkan batang stabilizer dengan komponen bagian suspensi. Seperti lower arm atau shock absorber. 

    Suspensi sendiri merupakan komponen yang bisa menyerap getaran dari mobil ketika melaju. Namun pengguna suspensi saja tidak cukup untuk meredam guncangan. Dibutuhkan batang stabilizer agar getaran tidak mengganggu kenyaman pengendara. 

    Terdapat empat tipe link untuk menyambungkan stabilizer. Yaitu terdiri dari stabilizer link tipe bushing, joint bushing, joint link. Serta ada pula tipe kombinasi tipe joint link dengan bushing. 

    • Memastikan Batang Stabilizer Bekerja Maksimal

    Link stabilizer akan memastikan batang stabilizer bekerja maksimal di masing-masing sudut roda mobil. Saat roda mobil berbelok dengan sudut yang maksimal, maka komponen shock absorber akan mengikuti putaran roda. 

    Sehingga akan membuat pergeseran sudut di batang stabilizer. Link stabilizer akan memastikan batang stabilizer dapat bekerja maksimal saat roda mobil terus berbelok dengan besaran sudut berapapun. 

    • Menjaga Mobil Tidak Limbung