Berita

    Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun agar Berkendara Tidak Terganggu

    Kaca mobil berembun dapat mengganggu penglihatan Anda saat berkendara. Sebab dapat mengurangi visibilitas dan membahayakan keselamatan di jalan. Sehingga sangat penting untuk mengatasi masalah ini sebelum Anda mulai mengemudi. 

    Munculnya embun tidak selalu karena Anda berada pada daerah dengan ketinggian. Saat Anda berada di dataran rendah atau perkotaan pun, embun bisa juga muncul di kaca. 

    Kaca Mobil Berembun? Lakukan Ini!

    Penyebab munculnya embun pada kaca mobil adalah kondensasi. Keadaan ini membuat perubahan uap air menjadi cair karena adanya perbedaan suhu antara permukaan kaca dan udara di sekitarnya. 

    Apabila Anda ingin mengatasinya, maka harus mencegah penyebab yang membuat embun muncul. Bagaimana caranya? Ketahui dalam poin-poin dan penjelasan berikut:

    • Nyalakan AC Mobil

    Pendingin pada mobil bukan hanya berfungsi untuk mendinginkan kabin, namun juga mengurangi kelembaban di dalam mobil. Apalagi jika Anda berkendara pada dataran tinggi. Supaya embun tidak muncul, maka perlu menyalakan AC mobil.

    Tujuannya untuk menyeimbangkan suhu antara di luar mobil dan di dalam mobil. Sehingga munculnya embun mampu diminimalisir dengan baik.

    Selain itu, jangan lupa untuk menghidupkan wiper pada mobil. Tujuannya untuk mengurangi adanya embun yang muncul pada bagian luar kaca mobil. Sementara untuk bagian dalam, Anda bisa membersihkannya dengan lap kering.

    • Buka Sedikit Jendela 

    Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuka sedikit jendela mobil. Meski cara ini terkadang mengganggu dalam berkendara, namun nyatanya mampu mengurangi kelembaban dan embun. 

    Tips ini juga merupakan cara cepat untuk menghilangkan embun. Sebab mampu menyeimbangkan suhu yang ada di dalam mobil dan juga di luar mobil.

    • Hidupkan Fitur Defogger

    Fitur yang satu ini ada pada mobil keluaran terbaru. Namanya adalah fitur defrost atau defogger. Tujuannya tentu saja untuk menghilangkan embun yang muncul pada kaca mobil saat sedang berkendara.

    Anda bisa memanfaatkannya terutama saat musim hujan. Letaknya ada di sisi dasbor ujung mobil. Apabila tidak menemukan, sebaiknya baca petunjuk pemakaian mobil!

    Freepik
    • Pakai Produk Anti Embun