Berita

    Ketahui Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

    Ada beberapa hal yang perlu dipahami ketika lampu indikator mobil menyala. Beberapa orang mungkin belum memahami hal tersebut padahal tanda peringatan lampu indikator tersebut berkaitan dengan keselematan dan kenyamanan berkendara.

    Seiring perkembangan teknologi, kini mobil hadir berbagai terobosan yang makin canggih. Keberadaan lampu-lampu indikator pada panel instrumen atau dasbor termasuk mencerminkan perkembangan teknologi bidang otomotif.

    Lampu Indikator Mobil

    Secara singkat, lampu indikator mobil didefinisikan sebagai simbol-simbol yang terdapat pada panel instrumen atau dashboard.

    Beberapa sumber menyatakan bahwa lampu indikator adalah perangkat untuk memberikan petunjuk status komponen atau fitur tertentu pada sebuah mobil, baik yang bersifat elektris atau non elektris menggunakan sebuah lampu.

    Warna Lampu Indikator Mobil

    Setiap pabrikan mobil bisa saja mengadopsi desain dan pengaturan berbeda. Namun, secara umum, lampu indikator menggunakan lima warna yaitu merah, hijau, kuning, biru, dan putih.

    Masing-masing warna memiliki arti masing-masing yang akan dijelaskan sebagai berikut.

    1. Merah: warna ini menggambarkan peringatan terhadap kendala yang berpotensi menimbulkan bahaya
    2. Kuning: warna ini sering digunakan untuk menunjukkan nilai batas tertentu atau sebuah peringatan
    3. Hijau: warna ini berarti menggambarkan pengoperasioan normal
    4. Biru: warna ini digunakan untuk instruksi khusus tergantung jenis mobilnya
    5. Putih: warna ini digunakan untuk fungsi lain selain warna-warna sebelumnya

    Arti Lampu Indikator Mobil Menyala

    Ketika lampu indikator mobil menyala, berarti ada komponen yang harus segera Anda periksa. Berikut adalah beberapa penjelasan terkait lampu indikator mobil.

            1. Lampu indikator suhu atau temperatur

    Jika lampu ini menyala maka matikan AC, radio dan sistem lainnya karena mesin yang terlalu panas akan membuat mobil mati. Anda bisa menepi terlebih dulu sekitar 30 menit kemudian tambahkan cairan pendingin ke radiator.

            2. Lampu indikator tekanan oli

    Jika lampu ini menyala maka dapat dipastikan bahwa mobil Anda kekurangan oli. Tekanan oli yang kurang akan membuat mesin mobil cepat rusak dan performa mobil tidak maksimal. Hal ini bisa diatasi dengan menambahkan oli dan berkonsultasi di bengkel.