Berita

    Kenali Front Wheel Alignment Pada Kendaraan dan 5 Sudutnya

    Wheel alignment adalah teknik yang penting bagi kendaraan roda empat Anda, yang mana teknik ini memiliki korelasi dengan kaki-kaki mobil. Fungsi utama dari penyelarasan roda ini adalah menjaga stabilitas kendaraan Anda ketika dikendarai.

    Selain penjelasan tentang pengertian apa itu penyelarasan roda, Anda juga wajib mengerti tentang sudut-sudut dari teknik tersebut. Hal ini agar Anda dapat lebih nyaman dan aman ketika mengendarai mobil Anda.

    Definisi Lengkap Front Wheel Alignment

    Diketahui bahwa istilah wheel alignment mengacu pada roda mobil yang diselaraskan. Pemilik kendaraan roda empat wajib untuk melakukan hal ini agar mobil dapat lebih stabil dan proses mengendarai mobil juga lebih aman.

    Jika roda mobil tidak selaras, tentu akan berakibat fatal hingga ke tahap kecelakaan. Maka dari itu, Anda wajib mengetahui berbagai sudut dari penyelarasan roda ini. Selain itu, perlu juga Anda ketahui bahwa keselarasan roda kendaraan banyak sekali dipengaruhi oleh berbagai faktor.

    Faktor-faktor tersebut seperti kondisi jalan, kontur jalan yang dilewati dan sejenisnya. Jika Anda ingin mengetahui ciri-ciri roda belum selaras, Anda dapat melihatnya dari komponen setir pada kendaraan Anda.

    5 Sudut Teknik Keselarasan Roda Kendaraan

    Perlu Anda ketahui dan pahami bahwa di dalam proses menyetir tidak melulu hanya soal setir dan ban yang lurus dan selaras. Diperlukan pengetahuan sudut-sudut keselarasan roda agar Anda dapat lebih aman dan nyaman dalam menyetir mobil.

    Terdapat 5 sudut teknik keselarasan roda mobil yang wajib Anda ketahui. Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak di bawah ini:

            1. Steering Axis

    Sudut steering axis atau juga dikenal sebagai Kingpin Inclination merupakan sudut keselarasan roda ketika roda berbelok ke kanan dan ke kiri. Ketika Anda mengubah setir mobil ke arah kanan dan roda bergerak ke kanan, berarti Anda sudah menciptakan sebuah sudut keselarasan roda.

            2. Chamber

    Jenis sudut yang kedua adalah camber, yang mana artinya adalah roda mobil bagian atas bergerak ke luar atau ke dalam secara vertikal. Perlu Anda ketahui bahwa terdapat dua jenis camber, yaitu camber positif dan camber negatif.

    Camber positif artinya posisi roda miring ke sudut bagian luar. Sedangkan camber negatif artinya posisi roda miring ke sudut bagian dalam. Camber ini memiliki fungsi masing-masing yang mana tujuannya agar roda mobil tetap stabil dan seimbang ketika berbelok.