Berita

    Mengenal FLO Tol! Pentingnya Pemahaman tentang Layanan Ini

    Jalan tol merupakan salah satu alternatif untuk memperlancar dan mempermudah perjalanan Anda, sehingga sudah umum digunakan orang. Lalu, belakangan ini, muncul sistem atau layanan baru yang dikenal dengan FLO Tol.

    Apa yang dimaksud dengan layanan FLO? Bagaimana cara kerja dan cara mendapatkannya? Intip penjelasan tentang FLO berikut ini hingga tuntas!

    Apa Itu FLO Tol?

    Ini merupakan sebuah aplikasi layanan pembayaran tol secara non-tunai dan tanpa perlu disentuh. Dalam penggunaannya, FLO menggunakan basis Radio Frequency Identification atau RFID yang telah dikembangkan oleh Jasa Marga.

    RFID tersebut berupa antena dan chip yang telah berisi data dari kendaraan, khususnya kendaraan mobil yang banyak melintasi jalan tol. Teknologi yang satu ini dikemas dalam bentuk stiker dan ditempelkan di bagian lampu depan dari mobil.

    FLO Tol adalah layanan yang dapat dinikmati dengan menggunakan aplikasi Let It Flo yang bisa diunduh melalui AppStore atau Google Play. Tentunya, aplikasi ini sudah tersinkronisasi dengan sistem FLO yang bisa Anda nikmati di berbagai pintu tol.

    iStock

    Bagaimana Cara Kerja dan Apa Saja Manfaatnya?

    Jika melihat dari cara kerja FLO, maka bisa dibilang cukup mudah. Stiker RFID yang ditempelkan di mobil, sudah tersinkronisasi dengan aplikasi Let It flo.

    Selanjutnya, dapat terpindai secara otomatis ketika Anda melintasi pintu tol. Saldo FLO akan otomatis terpotong dan Anda bisa melintas tanpa perlu melakukan proses pembayaran lainnya.

    Mobil yang sudah memiliki stiker RFID, hanya perlu memperlambat lajunya dengan batas maksimal 20 kilometer per jam ketika akan masuk gerbang tol.

    Dengan demikian, maka stiker akan terbaca dan Anda bisa langsung melintas. Jika berada dalam kondisi hujan, sistem ini tetap bisa berfungsi, jadi Anda tidak perlu khawatir.

    Dengan sistem ini, tentunya Anda dapat memperoleh manfaat berupa cara yang lebih praktis dalam melakukan pembayaran. Proses masuk ke jalan tol juga akan menjadi lebih cepat.

    Namun, karena masih dalam masa percobaan, maka fasilitas ini belum bisa dinikmati di semua pintu tol. Untuk saat ini, FLO hanya bisa dipakai untuk 100 titik ruas jalan tol yang berada di wilayah Jabodetabek.

    Bagaimana Cara Mendapatkan FLO Tol?

    Setelah membaca penjelasan di atas, termasuk kemudahan yang bisa Anda dapatkan, apakah Anda tertarik untuk mendapatkan dan mencoba FLO?