Berita

    Tenang! Cara Memperbaiki Spion Patah

    Meskipun berukuran kecil, namun spion adalah komponen penting bagi sebuah mobil. Dengan kaca spion, pengemudi dapat melihat kondisi jalan raya untuk menjaga keselamatan berkendara. Sehingga jika spion patah atau rusak, maka resiko kecelakaan bisa meningkat.

    Itu sebabnya, penting untuk mengetahui apa saja faktor penyebab rusaknya kaca spion hingga cara untuk memperbaiki spion yang terlanjur patah atau rusak. Dengan demikian, keselamatan saat berkendara bisa tetap terjaga.

    Penyebab Spion Patah pada Mobil

    Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada spion mobil, terutama jenis spion elektrik. Berikut beberapa di antaranya:

    • Tabrakan atau Benturan

    Tabrakan atau benturan yang kuat adalah penyebab utama dari spion yang patah, baik pada spion biasa maupun elektrik. Biasanya, ini bisa terjadi karena kecelakaan lalu lintas atau akibat benturan antar kendaraan di area parkir yang sempit.

    • Air Masuk ke Celah Spion

    Khusus untuk jenis spion elektrik, salah satu penyebab kerusakan spion adalah masuknya air ke celah kecil di sekitarnya, baik dari siraman air maupun hujan. Sehingga, komponen elektriknya rusak dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

    • Gir yang Aus

    Selanjutnya, spion patah juga bisa terjadi karena gir yang berfungsi menggerakkan kaca spion sudah aus. Baik karena faktor penggunaan yang terlalu intensif atau karena faktor usia.

    • Usia Pemakaian

    Faktor penyebab terakhir yang umum terjadi pada setiap jenis kaca spion adalah akibat usia pemakaian yang sudah terlalu lama. Semakin lama spion digunakan, maka fleksibilitas pemutarannya juga dapat berkurang dan semakin rentan rusak atau patah.

    Cara Memperbaiki Spion Mobil Patah

     

    Istockphoto.com

    Lalu, apa yang harus dilakukan jika kaca spion sudah terlanjur patah? Untuk jenis kerusakan ringan, berikut ini langkah-langkah perbaikan yang bisa Anda ikuti.

    • Siapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

    Sebelum memulai proses perbaikan, pastikan Anda telah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, antara lain:

    1. Lem Korea
    2. Amplas
    3. Kapas
    4. Kunci Bintang atau biasa juga disebut Kunci L (Kunci Allen)
    • Lepaskan Baut Spion